Bukan Truk! Kenali Efek Fatal Bagasi Mobil Penumpang Angkut Barang Berat

Automotive | Senin, 30 Agustus 2021 06:35

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Jangan sampai muatan yang dibawa mobil itu melebihi kapasitas angkut.

Dream - Salah satu hal yang dipertimbangkan seorang pembeli kendaraan roda empat adalah ketersediaan ruang bagasi. Faktor ini menjadi terutama menjadi perhatian utama jika si pembeli memiliki jumlah anggota keluarga yang sangat besar.

Ada pula pembeli yang mengincar kendaraan dengan bagasi besar karena kebutuhan mengangkut lebih banyak barang saat bepergian jauh.

Kebutuhan konsumen itu biasanya dipenuhi pabrikan otomotif dengan selalu menyediakan ruang bagasi di setiap produknya. Bahkan ada yang sampai membuat tambahan ruang khusus untuk melayani keinginan pembeli.

Namun banyak pembeli yang luput soal penggunaan bagasi yang luas dan lapang tersebut.

Mengutip laman Hyundai, Senin 30 Agustus 2021, bagasi besar dan lapangan disediakan pabrikan untuk untuk mempermudah pengemudi membawa barang yang berukuran besar. Yang perlu menjadi catatan, bagasi itu disediakan bukan untuk mengangkut barang yang berat. 

 

Bukan Truk! Kenali Efek Fatal Bagasi Mobil Penumpang Angkut Barang Berat
(Foto: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Efek Fatal Jika Bagasi Terlalu Berat

Membawa muatan dengan bobot berlebihan hanya akan membuat mobil kamu menanggung derita. Ketika mengisi beban berlebih, banyak bagian dari mobil yang terdampak.

Secara kasat mata kita bisa melihat bagian ban mobil menjadi komponen mobil yang langsung mengalami penderitaan ketika mobil membawa beban sangat beray. Ban akan mengalami tekanan lebih sehingga bisa menyebabkan terjadinya pecah ban pada kondisi terburuk.

Kalaupun ban tak meledak di jalan, kondisi bagasi yang penuh dengan barang beray akan membuat mobil akan menjadi susah untuk direm sehingga jarak pengereman akan bertambah.

Hal ini terjadi karena akibat inersia mobil bertambah. Inersia adalah resistensi suatu objek untuk berubah kecepatan.

Dengan inersia yang bertambah, akselerasi mobil akan menjadi lebih berat. Alhasil konsumsi bahan bakar juga bisa lebih buruk.

Jadi manfaatkan bagasi untuk mengangkut lebih banyak barang ya. Bukan membawa barang-barang beray.

(Sah)

3 dari 4 halaman

4 Trik Packing Bawaan Mudik Dalam Mobil, Bagasi Jadi Rapi!

Dream – Mobil pribadi masih banyak menjadi pilihan para pemudik ketika pulang ke kampung halaman menjelang Lebaran. Selain bebas mengatur waktu keberangkatan, mobil pribadi juga jadi pilihan karena bisa membuat barang bawaan lebih banyak.

Saat harus mengangkut banyak barang bawaan, bagasi jadi tempat tujuan utama. Di sinilah biasanya masalah muncul. 

Sering kali kita tak tahu cara mengemas barang bawaan dengan baik. Alhasil, bagasi kendaraan menjadi acak-acakan. 

Bagaimana sebenarnya trik mengemas barang bawaan mudik dan meletakkan dengan benar di dalam bagasi mobil?

Dikutip dari Nissan, Kamis 16 Mei 2019, hal pertama harus dilakukan adalah membuat daftar barang bawaan. Buat daftar barang apa saja yang perlu dibawa. Kamu bisa mencari barang alternatif jika barang yang dibawa terlalu besar dan berat.

Misalnya ganti selimut tebal yang biasa digunakan si kecil dengan selimut yang lebih praktis dan sedikit tipis. Ingat, masih banyak barang yang jauh lebih penting untuk dibawa dan beban yang berlebihan akan membahayakan keselamatan penumpang dan pengemudi.

Kedua, posisi barang besar dan berat.

Barang besar dan berat seperti koper harus diletakkan di bagian paling bawah untuk menjaga keseimbangan mobil. Posisi ini juga bertujuan untuk mencegah bawaan berat menimpa dan merusak barang yang lebih ringan.

Kalau kamu memiliki baju ganti, tetap letakkan koper di bagian paling bawah, lalu persiapkan tas khusus berukuran kecil berisi baju ganti untuk di perjalanan.

4 dari 4 halaman

Bagaimana Posisi Barang yang Berukuran Sedang dan Ringan?

Ketiga, posisi barang berukuran sedang dan ringan.

Setelah bagian bawah dipenuhi barang besar dan berat, kamu bisa meletakkan bagian atasnya dengan benda yang berukuran sedang.

Kalau ada celah, sisipkan barang seperti selimut, bantal, sandal, atau barang lain yang bentuknya fleksibel.

Keempat, jangan lupa mengingat letak barang. Kamu dan pasangan harus mengingat letak barang bawaan yang dimasukkan ke dalam mobil. Tentu saja hal ini termasuk dongkrak, ban serep, dan kotak P3K.

Pastikan semua barang itu mudah diakses dan tidak dihalangi barang bawaan lain.(Sah)

Join Dream.co.id