Alat Ini Bisa Bikin Maling Motor Gampang Ditangkap

Automotive | Senin, 18 Januari 2021 16:34
Alat Ini Bisa Bikin Maling Motor Gampang Ditangkap

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Apalagi, musim begal motor makin marak, kan, ya?

Dream – Global Positioning System (GPS) tentu tak asing di telinga. Alat ini merupakan inovasi teknologi terbaru yang dirancang khusus untuk menunjukkan posisi seseorang atau objek dari suatu tempat.

GPS merupakan kompas digital yang didesin modern. Seiring perkembangan waktu, inovasi GPS mulai bermunculan. Salah satunya adalah GPS tracker yang biasa dipasang di kendaraan, seperti bisnis ekspedisi maupun rental kendaraan. Alat ini pun juga bisa dipasang di sepeda motor.

Sesuai dengan namanya, GPS Tracker merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk melacak keberadaan suatu barang atau objek tertentu. Alat ini biasanya digunakan pada kendaraan baik mobil, truk maupun motor demi mengantisipasi terjadinya tindak pencurian.

Nantinya kendaraan yang dipasangi oleh alat ini akan lebih mudah untuk dilacak. Kamu pun bisa mengetahui lokasi keberadaan kendaraan tersebut dengan lebih akurat. Jika suatu saat kendaraan dicuri, Sahabat Dream bisa mengetahui lokasi keberadaannya melalui smartphone atau laptop yang telah terhubung dengan alat GPS.

Alat ini memang banyak digunakan oleh para pelaku bisnis terutama yang bergerak di bidang penyewaan kendaraan serta ekspedisi pengiriman barang. Kedua bidang bisnis tersebut sangat berisiko terjadi pencurian atau penggelapan barang yang dilakukan oleh karyawan maupun orang yang menyewa kendaraannya.

2 dari 5 halaman

Kelebihan GPS Tracker

Alat ini memiliki berbagai macam fitur unggulan yang biasa ditawarkan. Tak hanya dapat melacak keberadaan motor atau mobil secara real-time, GPS tracker juga bisa mengetahui rute mana saja yang sudah dilewati oleh kendaraan tersebut, berapa perkiraan kecepatan laju kendaraan, apakah mesin dalam kondisi hidup atau mati, mendengar suara atau pembicaraan orang yang berada di dalam kabin (untuk mobil/truk) bahkan yang paling mutakhir Anda juga bisa mematikan mesin kendaraan dari jarak jauh hanya lewat ponsel.

Tentu dengan serangkaian kelebihan yang ditawarkan, GPS tracker dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang menginginkan proteksi lebih pada kendaraan. Tak hanya dapat digunakan oleh mobil, truk maupun bus saja, beberapa layanan GPS tracker juga dapat dipasang pada motor, ponsel dan objek yang lain.

GPS tracker menjadi salah satu perangkat canggih yang sangat direkomendasikan bagimu untuk meningkatkan proteksi pada kendaraan. Terlebih jika Anda adalah seorang pelaku usaha travel, ekspedisi ataupun jasa penyewaan kendaraan.

Kamu tak perlu khawatir jika alat GPS tracker tersebut dilepas oleh para pelaku pencurian. Alat ini biasanya dipasang pada komponen tersembunyi pada kendaraan yang tidak mudah terjangkau atau dilihat secara gamblang. Sehingga risiko alat tersebut dilepaskan oleh para pelaku kejahatan akan sangat kecil karena mereka tidak akan menyadarinya.

Sumber: Wahana Honda

3 dari 5 halaman

Aquaplaning, Bahaya yang Intai Pemotor di Musim Hujan

Dream – Istilah aquaplaning sering terdengar dan bisa mengancam keselamatan pengendara, termasuk sepeda motor, terutama pada musim hujan. Istilah ini merujuk kepada kondisi ban melewati kendaraan air, tapi mengambang atau tak sepenuhnya menyentuh tanah.

Dikutip dari Wahana Honda, Rabu 30 Desember 2020, pada situasi tersebut, para pengendara motor seringkali kehilangan kendali dan dapat berujung jatuh dari kendaraanya atau bahkan mengalami kecelakaan.

Risiko fatal yang tersembunyi inilah yang membuat aquaplaning menjadi salah satu risiko yang cukup berbahaya bagi para pengendara terutama pada saat musim hujan.

 

 Aquaplaning, Bahaya yang Intai Pemotor di Musim Hujan
© Dream

 

Aquaplaning bisa terjadi jika kamu mengendarai motor di tengah hujan atau jalanan yang tergenang air dengan kecepatan tinggi. Ban motor akan kehilangan traksi atau cengkeramannya di aspal. Itu membuat ban terasa mengambang.

Ada empat faktor penyebab terjadinya aquaplaning bagi sepeda motor. Berikut ini adalah rinciannya.

4 dari 5 halaman

Berkendara dalam Kecepatan Tinggi

Pertama, berkendara dalam kecepatan tinggi. Mengendarai motor dengan kecepatan tinggi saat melewati genangan air sangat berpotensi memicu terjadinya aquaplaning.

Untuk itu, jika berkendara di tengah hujan atau sadar jika di depan mata terdapat genangan air yang cukup dalam, sebaiknya segera kurangi kecepatan dari jarak yang cukup jauh.

Kedua, ban motor sudah gundul atau aus. Faktor berikutnya adalah kondisi ban motor yang sudah tidak prima seperti gundul atau aus. Akibat dari ban motor yang sudah rusak ini, kekuatannya untuk memecah genangan air pun tidak akan maksimal. Risiko terjadinya aquaplaning juga akan jauh lebih besar.

Pastikan kamu mengeck kondisi ban sebelum berkendara. Kalau sudah botak, lebih baik ganti dengan yang baru. Ban yang sudah aus ini sangat berbahaya bagi keselamatan pemotor di jalan.

5 dari 5 halaman

Desain dan Tekanan Angin Tak Sesuai

Ketiga, desain telapak ban motor tak sesuai. Desain telapak ban motor mungkin dianggap sebagai nilai estetika. Padahal, motif ban ini punya fungsi khusus.

Corak atau motif pada permukaan ban dibuat bertujuan untuk saluran pembuangan air pada saat kendaraan melewati jalanan yang basah atau berair. Dengan motif tersebut, kendaraan akan lebih mudah saat bermanuver melewati jalanan yang digenangi air tanpa harus takut terhadap risiko ban yang jadi licin.

Corak atau motif ban yang cocok untuk digunakan pada saat musim hujan adalah yang memiliki banyak alur. Hindari menggunakan ban motor dengan alur yang minim. Hal ini dapat berdampak pada upaya pemecahan bisa tergelincir.

Keempat, tekanan angin pada ban motor yang kurang. Kurangnya tekanan angin pada ban motor juga bisa menjadi salah satu pemicu terjadinya aquaplaning.

Hal ini dikarenakan pada saat melewati jalanan yang basah, cengkeraman ban pada aspal akan berkurang dan tidak sekuat saat melintasi jalanan yang kering. Akibatnya, risiko aquaplaning akan menjadi lebih besar jika berkendara dengan motor yang memiliki ban bertekanan angin rendah.

Join Dream.co.id