Benarkah Kunci Setang Motor ke Kanan Persulit Maling?

Automotive | Jumat, 5 Juni 2020 11:48
Benarkah Kunci Setang Motor ke Kanan Persulit Maling?

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Anggapan ini beredar di kalangan para bikers. Tapi, memang benar bisa?

Dream Sahabat Dream, pencurian motor hingga saat ini masih sering terjadi. Tak hanya terparkir sembarangan, motor yang ditaruh di depan rumah saja bisa hilang. 

Bicara pencurian, ada anggapan sebaiknya mengunci motor dengan mengunci setang ke kanan. Tujuannya untuk mempersulit si panjang tangan menggondol sepeda motor kesayangan.

Tapi, benarkah cara tersebut efektif?

Dikutip dari Federal Oil, Direktur Pemasaran PT Astra Honda Motor, Thomas Wijaya, mengatakan pada dasarnya, rumah kunci kontak semua merek dan tipe motor matik dan bebek dibuat di sebelah kanan. Tujuannya agar lebih membuat ergonomis pengendara saat memasukkan dan memutar anak kunci.

2 dari 5 halaman

Ini Alasannya

Sepeda motor Honda type matik dan bebek, misalnya, memakai rumah kunci kontak dilengkapi dengan teknologi " Key Shutter" yang dapat ditutup untuk mengamankan atau mempersulit memasukkan kunci lainnya.

Dengan cara ini, pengendara tak perlu memutar setang ke kanan. Produsen otomotif ini mengklaim sistem kuncinya mempersulit gerak maling. Tapi, kalau ada yang mau memutar setang ke kanan, tidak apa-apa.

Untuk merek Honda seperti Honda BeAT memang bisa dikunci ke kanan setangnya. Tapi untuk skuter lain, ada juga yang tidak bisa dikunci ke kanan dan tetap harus ke kiri.

Ditambah lagi, posisi setang dalam keadaan terkunci menghadap kanan, lubang kunci akan terhalang dengan tuas gas sepeda motor. Posisi ini akan mempersulit masuknya kunci T yang berfungsi sebagai `pendobrak`. 

3 dari 5 halaman

3 Alat Pengaman Canggih Amankan Motor dari Pencuri Selain Gembok

Dream - Selain kesehatan, pandemi Covid-19 juga berdampak terhadap perekonomian di beragam lapisan masyarakat. Di tengah kesulitan ekonomi, banyak orang yang silau dengan keadaan mereka dengan melakukan tindakan kejahatan seperti menjadi pencuri sepeda motor.

Cara pencuri menggondol motor saat ini memang sudah berkembang dengan cepat dan makin canggih. Meski lubang kunci sudah ditutup mereka masih bisa membobolnya. Namun semakin maju cara mereka beroperasi, kita juga harus membekali diri dengan pengetahuan yang lebih mumpuni.  

Untuk mencegah motor kesayangan kamu dicuri, banyak beragam perangkat perlindungan yang bisa disiapkan agar roda dua kesayanganmu aman dari si tangan panjang. 

 

 3 Alat Pengaman Canggih Amankan Motor dari Pencuri Selain Gembok© Dream

 

Dikutip dari Liputan6.com, ada empat perangkat yang bisa kamu pasang agar motor tidak digondol maling. Pertama, gembok motor.

Menambahkan alat pengaman lainnya juga dapat mempersulit pencuri untuk membawa motor yang dinginkan. Tambahan pengaman pada motor berupa gembok yang dipasang pada lubang cakram depan.

Kedua, pasang stiker tanda pengenal dan alarm. Stiker tanda pengenal khas mampu membantu pemilik mengenali motor kesayangan. Tak lupa tambahkan sistem alarm anti maling pada motor. Kamu bisa memasangnya di bengkel resmi.

4 dari 5 halaman

Pasang Sistem Keyless

Ketiga, kamu bsia memasang sistem keyless ignition system. Sistem ini bisa membuat motor menjadi lebih aman. Teknologi yang dipakai adalah mendeteksi kunci remote dalam radius 1 meter. Saat sistem telah terdeteksi, pemilik motor sudah bisa menyalakan mesin.

Ketika kunci remote berada di luar radius, secara otomatis mesin motor mati dan akan langsung terkunci. Hal ini akan membuat motor menjadi lebih aman karena lebih sulit untuk dicuri.

5 dari 5 halaman

Jangan Lupa Pasang GPS

Keempat, memasang GPS. Pemasangan GPS saat ini cukup penting. Terlebih, alatnya sudah termasuk alat pengaman dan pelacak yang bisa terkoneksi dengan ponsel pintar alias smartphone berbasis Android dan IOS dengan aplikasi khusus.

Selain itu, pilih juga alat yang memang bisa menghidupkan dan mematikan mesin motor. Jadi, saat motor sudah diambil pencuri, sebagai pemilik bisa langsung mematikan mesin atau jika benar-benar sudah hilang, kendaraan kesayangan masih bisa dilacak keberadaannya, dan setidaknya membantu polisi untuk mencarinya.

(Sumber: Liputan6.com/Amal Abdurrachman)

Join Dream.co.id