Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Begini Trik Lolos Ujian Praktik SIM C, Anti `Nembak-Nembak Club`!

Begini Trik Lolos Ujian Praktik SIM C, Anti `Nembak-Nembak Club`! Mau Tahu Rahasia Lulus Ujian SIM? (foto: Shutterstock)

Dream – Sahabat Dream, Surat Izin Mengemudi (SIM) merupakan dokumen penting yang wajib dimiliki setiap pengendara kendaraan bermotor. Para pengendara roda dua diwajibkan untuk memiliki SIM C sebelum bisa bebas berlalu lalang di jalanan. 

Untuk bisa mendapatkan SIM, seorang harus melewati serangkaian tes yang dinilai oleh para anggota kepolisian. 

Dikutip dari Federal Oil, Rabu 18 Agustus 2021, kamu pergi ke Satpas SIM terdekat. Lalu, mengikuti tes kesehatan, isi formulir, serta mengkuti tes teori dan praktik. Biasanya, orang-orang gagal di bagian ujian praktik.

Untuk mereka yang baru pertama kali mengendari sepeda motor, salah satu ujian yang terberat adalah melaju di trek berbentuk angka delapan tanpa sekalipun menurunkan kaki atau menyentuh patok jalan.

Nah biar kamu bisa lulus tahap tes prakti ini, ada beberapa trik agar bisa melajukan sepeda motor dengan mulus dan berakhir SIM di tangan.

Usahakan Jangan Menyenggol Patok atau Kaki Turun

Saat melintasi jalan lurus, usahakan kaki kiri dan kanan tak menyenggol atau menyetuh patok jalan yang ada. Saat berkendara motor, upayakan kaki jangan melebar.

Di jalur zigzag, kunci tes ini adalah kelihaian bermanuver. Tangan tetap kuat menggenggam setang motor tapi postur tubuh, terutama pundak dan pinggang, luwes meliuk.

Usahakan juga ban depan dan belakang tak keluar jalur. Biasanya ditandai dengan garis putih atau kuning. Kalau ban depan atau belakang menyentuh atau keluar batas, kamu dipastikan tidak akan lulus.

Trek Ini Ada Trik Tersendiri

Di trek angka 8, kamu bisa melakukan trik counter steering. Pada trik ini, posisi badan cenderung tegak keluar berlawanan dengan arah tikungan.

Caranya bagaimana? Geser bokong sedikit ke kanan ketika menikung ke kiri dan begitulah sebaliknya. Ingat, bukan memiringkan badan ke dalam tikungan seperti balap MotoGP.

Selanjutnya ketika pengereman menghindar, kuncinya ketenangan. Kecepatan tidak tinggi memungkinkan kita melihat lampu hijau sebelah mana yang menyala.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Mengirim Pesan Kosong di WhatsApp, Tips Unik Balas Pesan Spam dan Penipuan

Cara Mengirim Pesan Kosong di WhatsApp, Tips Unik Balas Pesan Spam dan Penipuan

Cara mengirim tulisan kosong di WhatsApp dilakukan untuk membalas pesan Spam atau penipuan atau sekedar guyonan semata.

Baca Selengkapnya
8 Tips Mengisi Waktu Libur Setelah Nyoblos pada Pemilu 2024, 'Enaknya Ngapain Ya?'

8 Tips Mengisi Waktu Libur Setelah Nyoblos pada Pemilu 2024, 'Enaknya Ngapain Ya?'

Setelah mencoblos di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada Pemilihan Umum 2024, berikut beberapa tips untuk mengisi waktu liburan Sahabat Dream.

Baca Selengkapnya
5 Tips Belanja Aman Agar Terhindar dari Kejahatan Phising

5 Tips Belanja Aman Agar Terhindar dari Kejahatan Phising

Simak lima cari berbelanja aman berikut ini agar kamu terhindar dari phising.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.