Perjalanan Suzuki Jimny di Indonesia, Awalnya Dijuluki Si `Jangkrik`

Automotive | Senin, 22 Juli 2019 15:10
Perjalanan Suzuki Jimny di Indonesia, Awalnya Dijuluki Si `Jangkrik`

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mobil offroad ini punya empat `generasi` di Indonesia.

Dream – Suzuki Jimny menjadi salah satu mobil legendaris yang sukses menarik perhatian masyarakat. Mobil offroad ini berkiprah di pasar otomotif nasional lebih dari 40 tahun.

Sejak tahun 1979, mobil ini telah meninggal kesan mendalam bagi para penggemarnya.

“ Setiap seri Jimny yang hadir di Indonesia selalu membangkitkan kembali nilai historis dan fenomenal terhadap mobil legendaris ini,” kata 4W Marketing Director Indonesia, Suzuki Indomobil Sales, Donny Saputra, di ICE BSD, Tangerang, Banten, dikutip dari Liputan6.com, Senin 22 Juli 2019.

Donny mengatakan sejak awal meluncur sampai sekarang, penjualan Jimny sudah  mencapai 130.334 unit.

Sekadar informasi, Jimny generasi pertama, yaitu seri LJ80 hadir dengan Jimny Jangkrik. Mobil ini dirakit langsung di Indonesia dan menggendong mesin 800 cc.

Kehadirannya mendulang sukses dan menjadi salah satu mobil ikonik saat itu.

2 dari 8 halaman

Luncurkan Jimny Katana

Jimny Jangkrik memiliki model turunan yang diproduksi hingga tahun 1981, yakni LJ-80V dan LJ-80Q dengan pintu yang terbuat dari bahan metal.

Memasuki generasi kedua di tahun 1982, Suzuki merilis Jimny SJ410 yang dipasarkan dengan nama Katana. Hadir dengan mesin 1.000 cc, Jimny yang pada awalnya berpenggerak empat roda (4WD), melakukan penyegaran sebagai mobil berpenggerak 4x2.

Sekadar informasi, mobil Jimny Katana pernah muncul dalam serial sinetron “ Si Doel Anak Sekolahan”, dikutip dari berbagai sumber.

3 dari 8 halaman

Jimny Generasi Ketiga pun Diperkenalkan

Hadirnya Katana kembali berhasil membawa Jimny menuju puncak popularitas. Katana bukan satu-satunya seri Jimny yang dirilis saat itu, karena hadir juga versi long wheelbase yang mendapat julukan “ Jimny Long”.

Masih menjadi generasi kedua, pada tahun 2004 Suzuki meluncurkan Jimny SJ413 atau Carribian dengan model berbeda karena memiliki sebuah extra-cab dan menyerupai pikap serta memiliki mesin 1.300 cc.

Ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 menjadi peluncuran generasi ketiga Jimny di Indonesia, Jimny JB33 yang juga dikenal dengan nama Jimny Wide hadir secara ekslusif.

Dibekali mesin berkapasitas 1.300 cc, lengkap dengan penggerak All-Wheel Drive (AWD), mobil ini hanya tersedia 88 unit dengan harga on the road Jakarta Rp285 juta.

4 dari 8 halaman

Akhirnya, Generasi Keempat Meluncur

Kembali hadir di GIIAS 2019, Suzuki akhirnya meluncurkan Jimny generasi keempat. Sukses mencuri perhatian, mobil ini dibenamkan mesin K15B yang mampu menyemburkan tenaga hingga 102 PS di 6 ribu rpm dan torsi 130 Nm di 4 ribu rpm dan memiliki mode berkendara 2H, 4H dan 4L.

Terkait harga, Suzuki Jimny dibanderol dengan harga on the road Jakarta Rp315,5 juta untuk varian single tone MT, Rp317,5 juta untuk varian two tone MT, Rp328 juta untuk varian single tone AT, dan Rp330 juta untuk varian two tone AT.

(Sumber: Liputan6.com/Dian Tami Kosasih)

5 dari 8 halaman

Hore! Suzuki Jamin Penjualan Jimny 2019 Tak Dibatasi

Dream - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali memperkenalkan Jimny kepada para penggemar otomotif Indonesia. Mobil berpenggerak roda 4x4 dihadirkan untuk memenuhi permintaan pecinta offroad.

" Untuk mengapresiasi pencinta Jimny, kami meluncurkan Jimny generasi keempat yang menghadirkan fitur-fitur modern," ujar President Director PT SIS, Seiji Itayama, dalam gelaran GIIAS 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Kamis 18 Juli 2019.

 Suzuki Jimny

Suzuki Jimny pertama kali hadir di Indonesia pada 1979. Hingga saat ini, mobil tersebut telah terjual sebanyak 130 ribu unit.

Seri terbaru Jimny yang diluncurkan tahun ini dilengkapi mesin empat silinder berkapasitas 1.462 cc, 102/6.000 ps @rpm, 130/4.000 nm @rpm dengan sistem penggerak 4-wheel drive.

6 dari 8 halaman

Desain Adopsi Pendahulu

Soal desain, kata Seiji, Jimny 2019 mengadopsi tampilan tiga generasi sebelumnya. Contohnya, bentuk fog lamp dan headlamp LED project mengadopsi dari Jimny LJ80, dua garis horizontal di sisi kap mesin mengambil desain dari Jimny SJ410 dan bentuk grille diwarisi dari Jimny JB77.

 Suzuki Jimny

Jimny keluaran terbaru ini memiliki delapan warna yakni super white, silky silver metallic, medium gray, bluish black pearl 3, jungle green, kinetic yellow+bluish black pearl 3, brisk blue metallic+bluish black pearl 3, chiffon ivory metallic+bluish black pearl 3.

7 dari 8 halaman

Harga

Selain mengusung banyak warna, Jimny terbaru juga menawarkan pilihan transmisi manual dan automatic.

Untuk harga, mobil ini dibanderol Rp315,5 juta untuk transmisi manual. Sedangkan untuk transmisi automatic, harganya sebesar Rp328 juta.

 Suzuki Jimny

Suzuki tidak akan menerapkan kebijakan khusus untuk penjualan Jimny 2019. Berbeda dengan Jimny 2017 yang ditawarkan terbatas hanya 88 unit, Jimny 2019 ditargetkan terjual 50 unit per bulan untuk seluruh Indonesia.

" Kebetulan alokasi kita terima 50 unit perbulan," kata 4W Sales Director PT SIS, Makmur.

Menurut Makmur, target penjualan sebanyak 50 unit per bulan itu sesuai dengan kebijakan dari Jepang selaku tempat pembuatannya. Sebab, saat ini Jimny belum dapat diproduksi di Indonesia.

8 dari 8 halaman

Pastikan Tak Akan Recall

Pada bagian lain, Marketing Director SIS, Donny Saputra, memastikan produk Jimny 2019 aman. Dia yakin tidak akan ada recall atau penarikan unit untuk pasar Indonesia. " Recall hanya terjadi di Jepang," kata dia.

Donny memastikan jika Jimny yang dikirimkan dari Jepang ke Indonesia tidak bermasalah sama sekali. 

" Terkait recall hanya yang dipasarkan domestik di Jepang saja," ucap dia.

Intip Harga dan Spesifikasi Mobil Dinas Baru Jajaran Menteri Jokowi
Join Dream.co.id