Manfaat Lakukan Coating Mobil Saat Musim Hujan

Automotive | Sabtu, 8 Februari 2020 08:01
Manfaat Lakukan Coating Mobil Saat Musim Hujan

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Air hujan bisa merusak eksterior mobil, lho.

Dream – Memasuki musim hujan seperti yang terjadi saat ini, para pemilik mobil harus lebih memperhatikan kendaraan kesayangan. Salah satu yang bisa dilakukan adalah melindunginya dengan coating.

Untuk kamu yang baru mengenal istilan ini, coating adalah teknik memoleskan sebuah lapisan khusus pada permukaan cat mobil yang membuat tampilan bodi selalu terlihat lebih kinclong dan mempermudah melakukan perawatan eksterior mobil.

Mengutip laman Suzuki, Sabtu 8 Februari 2020, coating disarankan dilakukan terutama saat musim hujan. Air hujan yang mengandung banyak mineral biasanya akan menimbulkan noda pada cat mobil. Yang lebih parah, air hujan yang menjadi noda bisa juga meninggalkan jamur.

Dengan coating, cat kendaraan kesayangan akan memiliki efek daun talas sehingga noda yang menempel bisa diminimalisir.

2 dari 4 halaman

Jangan Malas Bilas Eksterior Mobil

Selain coating, saat musim hujan kamu juga disarankan untuk tidak malas membilas seluruh bagian eskterior dengan air. Selain menjaga mobil tidak cepat berjamur, warna cat juga lebih awet dan tidak mudah pudar.

Sehabis terkena air hujan, sebaiknya kamu langsung membilas semua bodi mobil atau cukup dicuci memakai air tanpa menggunaan sabun atau sampo.

Yang paling penting, setelah pastikan dilap sampai bersih dan benar-benar kering di seluruh bagian eksteriornya.

3 dari 4 halaman

Body Mobil Kinclong Pakai Waxing dan Coating, Berapa Biayanya?

Dream - Sudah mencuci mobil berulang kali tapi body mobil masih terasa kurang kinclong? Tenang, masalah ini hampir dirasakan sebagian besar pemilik kendaraan bermotor.

Mobil yang sudah dicuci, sendiri maupun tempat cuci umum, memang membuat kendaraan terlihat lebih bersih. Namun saat diperhatikan lebih dekat, warna mobil tak sebersih saat pertama kali keluar dari diler. Apalagi jika ada noda bekas hujan atau jamur yang tak kunjung hilang.

Banyak teknik memoles body mobil yang sebetulnya bisa kamu lakukan. Salah satunya adalah coating dan juga waxing atau dipoles dengan berbagai bahan seperti liquid (cair), pasta, atau butter.

 

 Body Mobil Kinclong Pakai Waxing dan Coating, Berapa Biayanya?© Dream

 

Untuk perawatan ini sendiri, terdapat berbagai jenis, seperti nitro seal polymer dan nano ceramic.

Yaska Wu selaku Chief Operating Officer, High Definition Car Care Indonesia (HDCCI), menjelaskan nano ceramic sederhananya merupakan lapisan kaca dengan ukuran sangat kecil.

" Dengan melakukan perawatan nano ceramic, jadi bisa masuk ke dalam lapisan pernis cat, dan mengikat serta membuat pernis jauh lebih kuat, dan memantulkan cahaya layaknya sebuah cermin," jelas Yaska, dikutip Dream dari Liputan6.com, Senin, 10 Desember 2018.

Menurut Yaska, tidak hanya nano ceramic, perawatan seperti detailing eksterior, interior, dan mesin pun bisa ditangani dan membuat tampilan mobil lebih memikat hati.

4 dari 4 halaman

Berapa biayanya?

Join Dream.co.id