Begini Cara Rawat Wiper All New Nissan Serena

Automotive | Sabtu, 19 Oktober 2019 16:03
Begini Cara Rawat Wiper All New Nissan Serena

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Biar awet, wiper juga perlu dirawat.

Dream – Salah satu komponen vital di mobil adalah wiper, terutama saat musim hujan. Pada musim penghujan, wiper ini akan menyapu air-air hujan yang membasahi jendela depan dan memperjelas jarak pandangmu.

Perawatan wiper mobil, misalnya, All New Nissan Serena, penting untuk dilakukan agar tetap awet dan tidak rusak saat musim hujan.

Dikutip dari Nissan Indonesia, Sabtu 19 Oktober 2019, ada tiga cara yang bisa kamu lakukan agar wiper bisa awet. Pertama, bersihkan bilah wiper setiap dua kali seminggu.

Kamu bisa membersihkannya dengan sampo mobil untuk menghilangkan partikel debu dan kotoran. Jika kotoran dan debu lenyap, wiper bisa menyapu air secara optimal dan baret di kaca bisa dihindari.

Kedua, jangan gunakan cairan multiguna atau semir ban. Dua barang ini harus dihindari agar kelembapan karet terjaga. Jika menggunakan cairan ini, kinerja sekaan karet bilah wiper malah bisa berkurang.

Ketiga, jangan angkat batang wiper saat parkir mobil. Sekarang ini, karet bilah wiper sudah dirancang tahan terhadap panas dari kaca mobil.

Supaya kelenturan karet terjaga, kamu tak perlu mengangkat batang karet wiper saat mobil diparkir. Kalau diangkat, batang wiper bisa melar dan memperlemah tekanan bilah wiper ke kaca.

Kalau bilah wiper diangkat, titik beban akan bertumpu di engsel batang wiper dan memberikan tekanan yang berlebih. Alhasil, engsel dan dinamo penggerak batang wiper akan bermasalah dalam jangka panjang.

Jika tetap tidak mau menempelkan wiper pada kaca, gunakan batang penyangga yang dijual di toko aksesori agar karet wiper tidak menempel langsung ke kaca. 

2 dari 8 halaman

Bolehkah Campur Air Wiper dengan Sampo?

Dream – Cuaca belakangan ini sedang tidak tentu. Terkadang panas terik dan mendadak turun hujan lebat. Kondisi ini tentu membuat pemilik kendaraan harus waspada.

Pengguna mobil harus semakin berhati-hati saat melintas di jalan yang diguyur hujan lebar. Saat situasi ini, wiper adalah salah satu penolongnya.

 

 Bolehkah Campur Air Wiper dengan Sampo?

 

Kalau hujan, kamu otomatis akan menyalakan perangkat tersebut untuk menyapu air di permukaan kaca bagian depan. Tujuannya agar pandangan tetap terjaga.

Di saat tak hujan, wiper juga sering digunakan untuk membersihkan kaca yang kotor akibat debu atau bekas hujan. Biasanya, pemilik mobil akan menggunakan air wiper yang sudah dicampur dengan sabun atau sampo.

Trik ini disebutkan ampuh membuat kaca tersapu lebih bersih. Namun bolehkah mencampur air wiper dengan sampo atau air sabun?

3 dari 8 halaman

Tak Masalah tapi...

Kepala Bengkel Auto2000 Cilandak, Jakarta Selatan, mengatakan tehnik mencampur air biasa dengan saun atau sampo takkan menimbulkan masalah berarti. Tapi, alangkah baiknya diisi dengan cairan yang benar-benar khusus untuk kaca.

Produk ini banyak tersedia di toko aksesoris mobil.

“ Karena kalau dicampur sabun atau sampo untuk manusia, ada kandungan bahan kimia yang lama kelamaan justru merusak permukaan kaca,” kata Suparna di Jakarta, dikutip dari Auto2000, Kamis 2 Mei 2019.

Dalam jangka waktu panjang, permukaan kaca tersebut akan terkikis oleh zat kimia yang terkandung pada sabun atau sampo itu dan timbul baret di kaca yang mengganggu pandangan.

Selain itu, bisa timbul jamur karena adanya bercak bekas sampo di bagian kaca yang tidak terkena sapuan wiper. Dan ini juga tidak kalah mengganggunya.

Jika sudah seperti itu, pemilik mobil harus mengeluarkan uang tambahan untuk membersihkan jamur pada kaca. Jadi sebaiknya, kata Suparna diisi air biasa atau water fluid khusus untuk air wiper.(Sah)

4 dari 8 halaman

Trik Lain Karet Wiper Tetap Awet Saat Diparkir di Luar Ruangan

Dream – Suhu udara di areal parkir luar biasanya sangat panas. Tanpa penghalang, mpbil akan terpapar matahari secara langsung. Kondisi ini tentu tak baik untuk eksterior mobil kamu.

Komponen mobil yang akan terkena dampaknya biasanya bahan yang terbuat dari karet. Salah satu yang paling terasa adalah wiper yang biasanya akan mengeras dan menyebabkan kaca tergores saat digunakan.

 

 Trik Lain Karet Wiper Tetap Awet Saat Diparkir di Luar Ruangan

 

Dikutip dari Liputan6.com, Minggu 17 Maret 2019, salah satu pencegahan paling awam dilakukan pemilik mobil adalah menegakkan wiper setiap kali parkir di luar ruangan. Dengan cara ini wiper tak menempel langsung di kaca.

Kaca diketahui merupakan konduktor panas ayang akan mebuat karet wiper menjadi getas karena terpapar matahari cukup lama. 

5 dari 8 halaman

Lapisi Bagian Karet

Selain menegakkan wiper, cara lain yang bisa kamu lakukan adalah melapisi bagian karet yang bersentuhan dengan kaca mobil menggunakan koran atau pelapis lainnya.

Teknik ini dianggap lebih berguna karena pegas tidak cepat rusak akibat terlalu sering mengangkat wiper. Makanya, melapisi wiper dengan barang-barang lain lebih baik daripada mengangkat wiper meskipun caranya cukup repot.

Semoga bermanfaat!

(Sumber: Liputan6.com/Rio Apinino)

6 dari 8 halaman

6 Jenis Wiper Mobil, Jangan Sampai Salah Pilih

Dream – Pernah membayangkan tengah asyik melaju di jalan tol mendadak turun hujan lebat dan wiper tak berfungsi? Pasti kamu akan langsung panik jika berada dalam kondisi tersebut. 

Tak hanya membersihkan kaca depan dan belakang dari kotoran, wiper juga berperan menjaga keselamatan pengendara. 

Meski lebih banyak dipergunakan saat musim hujan, wiper punya peran penting bagi sebuah mobil. 

 

 6 Jenis Wiper Mobil, Jangan Sampai Salah Pilih

 

Kamu harus memastikan apakah wiper mobil masih dalam keadaan baik atau tidak. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jenis wiper yang digunakan. Jangan sampai kamu salah memilih.

Dikutip dari Nissan Indonesia, Senin 14 Januari 2019, wiper ternyata tak hanya ada satu jenis. Tahukah kamu jika ada enam jenis wiper mobil, lho.

Berikut ini adalah rinciannya.

7 dari 8 halaman

Wiper Konvensional, Full Frame, dan Flat Blade

1. Wiper Kovensional

Wiper ini terdiri dari braket dan karet. Wiper tersebut sulit ditemukan karena hanya terpasang di mobil-mobil keluaran lama. Barang ini sudah tak lagi digunakan di mobil keluaran terbaru.

2. Wiper Full Frame

Jenis wiper full frame menjadi jenis standar yang biasa digunakan pada banyak tipe mobil pada umumnya. Wiper ini biasanya dilengkapi oleh gagang besi, sehingga banyak penggunanya yang menganggap bahwa wiper jenis ini memiliki daya tahan yang lebih kuat.

Tak hanya itu, adanya gagang besi juga dianggap bisa mendukung kerja wiper untuk menyapu bersih kotoran yang ada pada kaca. Namun, keberadaan gagang besi pada wiper ini juga bisa berbahaya jika karet pada wiper sudah menipis.

3.Wiper Flat Blade

Wiper ini diklaim punya bobot yang cukup ringan. Wiper flat blade punya penyangga kecil di tengahnya.

Sebagian besar komponen wiper itu adalah karet. Ada besi pipih yang terselip di dalam wiper. Tujuannya untuk memperkuat kerja wiper. Barang ini dianggap punya sapuan yang cukup bersih ketika digunakan.

8 dari 8 halaman

Wiper Refill, Hibrida, dan Frameless

4. Wiper Refill

Dari namanya saja, kamu tentu sudah dapat menebak jenis wiper seperti apakah wiper refill ini. Ya, wiper ini tersedia dalam bentuk isi ulang.

Saat dirasa karet wiper sudah menipis atau rusak, kamu hanya perlu mengganti bagian karetnya saja. Namun, kamu hanya pun harus memerhatikan ukuran karet agar tetap sesuai dengan kerangkanya.

5. Wiper Hibrida

Jenis wiper ini merupakan gabungan antara wiper konvensional dan flat-blade. Jenis ini memiliki komponen braket dan juga holder plastik. Barang itu cocok bagi kamu yang ingin wiper konvensional, tapi kerja yang optimal.

6. Wiper Frameless

Tipe wiper frame-less memiliki bingkai yang terbuat dari bahan plastik. Karet yang ada di tipe ini juga memiliki tekstur yang lebih lembut.

Jika pada tipe full frame kaca, kamu bisa terkena risiko lecet akibat bingkai besi, pada tipe wiper ini Anda bisa lebih tenang.

Namun, saat karet wiper menipis, kamu tak bisa menggantinya begitu saja. Karet wiper ini tak bisa diisi ulang, sehingga kamu pun butuh budget lebih untuk membeli seluruh komponennya. 

Tutorial Ikuti Audisi LIDA 2020 Indosiar di KapanLagi Lewat Handphone
Join Dream.co.id