Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Cara Merawat Emblem dan Komponen Krom Mobil Agar Bebas Karat

Cara Merawat Emblem dan Komponen Krom Mobil Agar Bebas Karat Emblem Mobil Juga Perlu Kamu Rawat. (Foto: Shutterstock)

Dream – Logo atau emblem sebuah mobil berfungsi untuk mencirikan sebuah merek dan pemanis tampilan. Sayangnya keinginan pamer merek kendaraan ini sering kali tidak diikuti dengan cara perawatan yang tepat.

Mumpung kamu masih memiliki waktu luang karena bekerja dari rumah, yuk kita pelajari cara membersihkan emblem mobil agar terlihat tetap mengkilap.

Dikutip dari Otosia, Senin 1 Juni 2020, pembersihan emblem ini bertujuan untuk menghindari karat atau korosi dan membuat komponen ini terlihat mengkilap. Untuk itulah, pembersihannya harus dilakukan setiap dua kali seminggu agar tampilan bodi mobil terlihat kinclong.

Sisa noda di bagian dalam celah logo emblem atau logo yang berada di grill, buritan, sampai senter lingkar kemudi juga perlu dibersihkan. Area ini acapkali diabaikan oleh pemilik kendaraan.

Di area ini banyak ditemukan kotoran, bahkan kerak dan jamur bersarang di celah logo tersebut. National Technical Advisor Astra Peugeout, Samsudin, mengatakan kotoran itu biasanya muncul di mobil yang usia pakainya lebih darintiga tahun. Cirinya, emblem terkesan kusam karena sudah berlapis ragam noda.

Begini Cara Membersihkannya

Membersihkannya cukup mudah. Cukup siapkan saja produk All Purpose Cleaner yang memang diperuntukkan untuk produk otomotif.

"Produk All Purpose Cleaner banyak tersedia di toko perkakas maupun toko variasi dan pusat perawatan mobil. Pastikan tidak pakai obat usir kerak yang biasa dijual di toko kimia," kata dia.

Tapi ingat, jangan memnggunakan cairan pembersih yang mengandung unsur acid. Sebab cairan ini dikhawatirkan akan merusak lapisan krom di logo dan emblem yang terbuat dari metal maupun plastik.

Siapkan Perangkat Pendukung Ini

Selain itu, siapkan juga perangkat pendukung seperti cotton bud serta sikat gigi berbulu halus yang biasa dipakai untuk bayi.

Jika semua perlengkapan dan material cairan pembersih sudah siap. Kamu bisa mulai dengan membersihkan area sekitar logo dengan air bersih. Lalu semprotkan cairan pembersih secara merata dibagian logo yang akan dibersihkan. Bisa disemprotkan agak banyak jika kotoran dirasa terlalu tebal.

Untuk proses perontokkan kerak, bisa dimulai dengan menggosokan sikat gigi bayi agar permukaan bodi tidak mudah tergores. Lakukan secara perlahan dan jangan ditekan terlalu keras.

"Tapi jika masih ada kotoran yang melekat di celah kecil, barulah gunakan cotton bud dengan cara yang sama untuk menjangkaunya," kata dia.

Setelah terlihat agak bersih, proses berikutnya adalah membilas bekas kotoran dengan air bersih. Lakukan berulang hingga kerak dan jamurnya benar-benar hilang. Jika masih punya waktu, trik ini juga bisa dilakukan pada grill atau part-part berlapis krom di mobil.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Cara Ampuh Cegah Mobil Berkarat, Pilih Cairan Anti Karat Berbahan Material Karet!

Cara Ampuh Cegah Mobil Berkarat, Pilih Cairan Anti Karat Berbahan Material Karet!

Nah, jika ingin menggunakan anti karat, perlu diingat untuk menggunakan cairan anti karat berbahan material dari karet.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

BUNGKUS! Nyam Nyam Kenyang!

Kalian pernah gak sih melihat video viral dan jadi terngiang-ngiang terus? Setiap mau makan selalu muncul, bikin bete gak sih sahabat dream?

Baca Selengkapnya