Bantu Penanganan Covid-19, Toyota Sebar Tabung Oksigen Se-Indonesia

Automotive | Jumat, 10 September 2021 19:12

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Perusahaan ini memperluas area bantuannya.

Dream – Toyota Indonesia memperluas jangkauan pemberian donasi alat medis untuk penanganan Covid-19. Salah satunya, tabung oksigen beserta isinya yang disebar ke berbagai rumah sakit dari Aceh hingga Papua.

Toyota menyumbang 510 unit tabung oksigen berukuran 6 meter kubik beserta isinya, 170 unit regulator tabung oksigen, dan 408 unit oksimeter. Bantuan itu didistribusikan sejak bulan Agustus 2021 secara langsung ke-34 rumah sakit di 19 provinsi yaitu Aceh, Sumatera Barat, Riau, Lampung, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Bantuan alat medis kali ini merupakan kelanjutan dari kegiatan sebelumnya yang dilakukan pada bulan Juli 2021. Saat itu, penyaluran bantuan cepat fokus ke sejumlah rumah sakit di Pulau Jawa, meliputi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DI Yogyakarta.

“ Semoga donasi berupa tabung oksigen beserta isinya dan alat kesehatan lainnya dapat membantu penangganan pandemi COVID-19 di Tanah Air,” kata President Director PT Toyota-Astra Motor, Susumu Matsuda, dalam keterangan tertulisnya, Jumat 20 September 2021.

Bantuan yang sudah disalurkan dalam dua tahapan melalui kerjasama dengan Yayasan BenihBaik dengan nama Toyota Ada untuk Anda - Fighting Covid-19. Total bantuan berupa 810 unit tabung beserta isi siap pakai ukuran 6 meter kubik, 170 regulator tabung oksigen, 120 velbed, 528 oksimeter, paket APD level 3 (2.100 hazmat microporous, 1.860 protective gown, 2.100 masker N95, 2.100 boks masker bedah, dan 2.100 boks sarung tangan bedah), serta 300 boks multivitamin dan suplemen penguat imunitas. Bantuan telah menjangkau 40 rumah sakit di 23 provinsi di Indonesia dengan total nominal mencapai lebih dari Rp3,55 miliar.

Bantu Penanganan Covid-19, Toyota Sebar Tabung Oksigen Se-Indonesia
Toyota Memperluas Sebaran Bantuan Untuk Penanganan Covid-19. (Foto: Toyota)
2 dari 5 halaman

Deretan Bantuan yang Diberikan Toyota

Matsuda mngatakan, keseluruhan program #TOYOTAAdaUntukAnda dalam penanggulangan Covid-19 dilaksanakan sejak awal pandemi di tahun 2020 hingga saat ini. Bantuan itu disalurkan melalui kegiatan preventif maupun kuratif di internal perusahaan, lingkungan sekitar, dan di seluruh wilayah Indonesia bersama principal dan seluruh jaringan outlet Toyota, mitra value chain, fasilitas dan tenaga kesehatan, Kementrian dan Dinas Kesehatan, serta Palang Merah Indonesia.

Bantuan itu antara lain berupa:

  • Layanan mobilitas serta donasi ambulans Kijang Innova dan Toyota Dyna
  • Donasi sarana dan prasarana medis berupa oksigen, paket APD lengkap, prasarana medis, dan multivitamin
  • Dukungan fasilitas dan peralatan pencegahan COVID-19 serta donasi paket kebutuhan pokok bagi masyarakat terdampak
  • Sentra Vaksinasi RSUI – TOYOTA Berbagi dengan target 50 ribu dosis vaksin secara gratis bagi warga negara Indonesia
3 dari 5 halaman

Dream – kasus Covid-19 di Indonesia cukup tinggi. Banyak rumah sakit yang penuh dengan pasien Covid-19. Tempat-tempat pengisian oksigen pun antre.

Banyak pihak yang merasa prihatin dengan kondisi pandemi mengulurkan tangan. Salah satunya Toyota Indonesia yang menyalurkan bantuan dengan total Rp1,55 miliar.

Bantuan-bantuan yang disalurkan bersama Yayasan Benih Baik itu berupa 300 tabung oksigen, portable bed, oximeter, paket APD level 3 (baju hazmat, masker medis, sarung tangan dan sebagainya), serta vitamin dan suplemen penguat imun tubuh.

“ Seperti yang kita ketahui bersama, oksigen saat ini menjadi salah satu barang yang sulit didapatkan, sehingga kami ingin bisa bantu dalam hal ini,” kata President Director TAM, Susumu Matsuda, dalam keterangan tertulis.

 

 © Dream

 

Bantuan itu disalurkan ke enam rumah sakit, yaitu RSUD Tugu Koja dan RS Cipto Mangunkusumo di Jakarta, RSUD Kota Bandung dan RS UI Depok di Jawa Barat, RSUP Dr. Kariadi di Jawa Tengah, serta RS Dr. Sardjito di Daerah Istimewa Yogyakarta.

“ Kami berharap donasi cepat tanggap Toyota Indonesia ini dapat membantu penanganan di berbagai rumah sakit yang mempunyai keterbatasan sarana dan prasarana dalam merawat pasien COVID-19 yang melebihi kapasitas,” kata dia.

Selain donasi sarana dan prasarana di enam rumah sakit, Toyota Indonesia juga memberikan bantuan mobilitas dalam penanganan pasien Covid-19. Bantuan itu bertujuan untuk mempermudah mobilitas tenaga kesehatan dalam menangani pasien Covid-19.

4 dari 5 halaman

Laris Manis Berkat Diskon PPnBM, Penjualan Toyota Tembus 100 Ribu Unit

Dream – Kebijakan diskon Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM) hingga 100 persen membuat PT Toyota Astra Motor (TAM) sumringah. Keringanan fiskal ini mengerek penjualan mobil pabrikan dari Jepang tersebut.

“ Tentang penjualan Januari-Mei 2021, kami bersyukur langkah-langkah pemerintah sangat mendukung produksi atau industri dalam negeri dan penjualan yang membaik,” kata Marketing Director TAM, Anton Jimmy Suwandy, dalam media gathering virtual, Kamis 17 Juni 2021.

 

 Laris Manis Berkat Diskon PPnBM, Penjualan Toyota Tembus 100 Ribu Unit© Dream

 

Anton mengungkapkan penjualan Toyota selama periode Januari-Mei mencapai lebih dari 100 ribu unit dengan pangsa pasar mencapai 31 persen.

" Angkanya tumbuh 24 persen year-on-year (yoy). Kalau penjualan Mei, naik 214 persen secara yoy,” kata Anton.

5 dari 5 halaman

Model Ini Laris Manis

Model-model yang mendapatkan PPnBM, diakui Anton, langsung laku keras. Toyota Avanza yang tahun lalu terjual 19 ribu unit selama Januari-Mei 2020 kini ludes dibeli 23 ribuan pada Januari-Mei 2021.

Disusul Rush yang penjualannya naik dari 15 ribu unit menjadi 19 ribu-20 ribu pada periode Januari-Mei 2021. Peningkatan penjualan juga terjadi pada Toyota Kijang Innova yang laku dari 13 ribu menjadi 18 ribu unit, atau terjual 5 ribu unit.

“ Kalau urutannya masih sama, Avanza masih nomor satu, nomor dua dan tiga itu Rush dan Kijang,” kata Anton.

Begitu juga Toyota Fortuner yang penjualannya meningkat 800 unit dari 4.800 unit selama Januari-Mei 2020 menjadi 5.600 unit pada pada Januari-Mei 2021. “ Penjualannya meningkat merata di hampir semua model,” kata dia.

Join Dream.co.id