Bahaya Banget Isi Bensin Waktu Mesin Mobil Menyala, Ini Alasannya

Automotive | Senin, 4 Oktober 2021 10:45

Reporter : Arie Dwi Budiawati

SPBU selalu meminta pemilik kendaraan mematikan kendaraannya, termasuk mobil, saat isi bensin.

Dream – Salah satu aturan di SPBU adalah mengharuskan pengemudi mematikan mesin ketika sedang mengisi BBM. Aturan ini memang harus dipatuhi dan ada alasaannya.

Dikutip dari Auto2000, Minggu 3 Oktober 2021, di SPBU ada banyak potensi kecelakaan dan kebakaran yang bisa terjadi. Misalnya, dari mesin yang menyala. Potensi kebakaran sangat besar jika mengisi BBM dengan kondisi mesin kendaraan masih nyala.

Mesin yang menyala sudah lengkap unsur terbentuk api atau segitiga api. Segitiga api ini adalah uap BBm saat pengisian, oksigen, dan sumber api. Dalam kondisi ini, yang menjadi sumber api adalah panas mesin, kelistrikan yang tidak sempurna, busi, dan lain-lain dari kerja mesin. Ini berlaku bagi semua mobil, baik bensin maupun diesel.

Kamu bisa mematikan mesinnya. Cara yang paling praktis adalah menekan tombol engine start/stop—kalau ada di mobil. Lalu, kamu bisa mengisi BBM.

Setelah selesai mengisi bensin, pastikan juga tutup bensin sudah terpasang kembali. Lalu, nyalakan kembali mesinnya.

Bahaya Banget Isi Bensin Waktu Mesin Mobil Menyala, Ini Alasannya
Mesin Mobil Harus Dimatikan Saat Mengisi BBM. (Foto: Shutterstock)
2 dari 6 halaman

Cerita Apes Peminjam Mobil Terpaksa Kuras Tangki BBM Karena Salah Isi

Dream – Kamu yang meminjam atau mengendari mobil sendiri sebaiknya memastikan jenis bahan bakar yang dibeli saat mengisi tangki di SPBU. Jangan sampai jenis BBM yang dibeli tak sesuai dengan ketentuan pabrik, atau berbeda dari yang biasa dipakai pemiliknya.

Kesalahan mengisi BBM, terutama bensin menjadi solar, bisa berakibat fatal bagi kendaraan. Mesin mobil bensin yang diisi solar bisa tersendat di tengah jalan. Begitu juga sebaliknya. Hal ini disebabkan perbedaan titik nyala kedua jenis BBM tersebut. Itu akan membuat busi tidak bisa melakukan pembakaran secara sempurna.

 

 Cerita Apes Peminjam Mobil Terpaksa Kuras Tangki BBM Karena Salah Isi© Dream

 

Yang paling parah, mesin mobil bisa mati dan tidak bisa dihidupkan lagi.

Lantas, apa yang harus dilakukan saat salah isi bensin? Pemilik mobil atau pengendara harus menguras isi tangki hingga tak ada satu pun yang tersisa, seperti yang dilakukan oleh pemilik mobil yang satu ini.

3 dari 6 halaman

Langsung Kuras Tangki di Tempat

Dikutip dari akun Instagram @andreli48, Senin 9 Agustus 2021, sebuah video menampilkan pengendara mobil terpaksa menguras isi tangki BBM di SPBU. Ini dilakukan karena salah isi jenis BBM.

Diketahui, mobil yang dikendarai itu berjenis BBM bensin tapi yang diisi malah solar. Dengan meminta bantuan petugas dan beberapa orang yang melintas, pengemudi mobil itu terpaksa menguras isi tangki BBM.

“ Kejadian salah isi BBM seringkali terjadi. Mestinya pertalite diisi solar atau sebaliknya. Di sini ada yang pernah mengalami?” tulis @andreli48.

 

 Pengendara mobil langsung menguras tangki BBM gara-gara salah isi.© Akun Instagram @andreli48

© Dream
4 dari 6 halaman

Pernah Kejadian

Ada warganet yang mengungkapkan pengalaman salah isi bensin di SPBU. Alhasil, dia harus mengurasi semua isi tangki bensin.

“ Gue pernah bang. Isi R15 V2 pakai Pertamina Dex. Yang jaga nggak ngasih tahu kalau itu solar. Akhirnya dikuras, copot tangki!” tulis @aaroup_.

“ Sudah pernah. Auto kuras di TKP,” tulis @christ_tepe dalam bahasa Jawa.

5 dari 6 halaman

Mesin Bisa Jalan tapi…

Ada juga yang bercerita pernah isi bensin. Dia menyebut kendaraannya masih bisa dijalankan.

Namun, jalannya tersendat-sendat.

 “ Pernah dulu bawa (Mitsubishi) Kuda solar keisi bensin. Jalan, sih, jalan. Tapi njot-njotan,” tulis @mochizoutb.

Yang bersangkutan pun terpaksa menguras semua isi tangki bensin. “ Akhirnya kuras, mana isi full lagi,” tulis dia.

© Dream
6 dari 6 halaman

Kok Bisa Salah Isi?

Kejadian ini membuat warganet terheran-heran. Mereka penasaran mengapa bisa salah isi BBM.

“ Pertanyaannya, kok bisa salah isi?” tulis @diajenk_ayu48.

“ Apa nggak sebaiknya petugas SPBU menanyakan terlebih dahulu guna memastikan mobil tersebut menggunakan solar atau premium?” tulis @costajonda.

“ Pasti mobil pinjaman. Kalau kendaraan pribadi, pasti sudah tahu,” tulis @lasmancf. 

Join Dream.co.id