Modifikasi Honda ADV 150, Minimalis tapi Tampilan Jadi Sangar

Automotive | Selasa, 27 Agustus 2019 17:48
Modifikasi Honda ADV 150, Minimalis tapi Tampilan Jadi Sangar

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Banyak beberapa bagian Honda ADV 150 yang bisa kamu modifikasi.

Dream – Honda ADV 150 sukses membetot perhatian pecinta roda dua saat tampil di ajang GIIAS 2019 lalu. Penampilannya yang fresh dengan gaya adevnture membuat ADV 150 jadi warna baru di segmen skuter matic 150 cc.

Kabar baiknya, Honda ADV 150 juta masih bisa dimodifikasi, lho.

Dikutip dari OTO.com, Selasa 27 Agustus 2019, seorang modifikator Witjax Modizigner, Agus Wicaksono telah sukses memodifikasi ADV 150. Dia menceritakan pengalamannya memodifikasi ADV 150 yang seharga Rp30 jutaan ini.

“ Menurut saya fitur-fiturnya sudah cukup lengkap. Barang-barang bawaannya, sudah menonjol dan cocok untuk pehobi riding maupun harian. Jadi sentuhan modifikasi minimalis saja sudah cukup,” kata Wicak kepada OTO.com.

Menurut Wicak, sektor paling mudah dimodifikasi adalah cover bodynya. Kamu bisa memasangkan cutting sticker pada bagian ini. Lalu, ubah tampilan pelek dengan memberikan warna rim decal.

“ Dengan banyaknya pilihan, pengguna ADV150 bisa menentukan warna dan motif. Sesuai karakternya masing-masing dan biar kelihatan makin eye catching," kata Wicak.

Dia mengatakan perlakuan serupa juga bisa diterapkan di jok. Bentuknya boleh sesuai keinginan. Tapi faktor yang tak boleh hilang adalah kenyamanan.

2 dari 7 halaman

Bagaimana dengan Stang dan Knalpot?

Begitu juga dengan stang. Di pasaran tersedia cukup banyak model kemudi seperti itu. Jika kurang suka dengan stang asli milik ADV150, kamu bisa memilih tipe dengan cross bar. Memang aura dual purpose-nya lebih terasa, tapi rasanya sudah cukup dengan stang bawaan ADV150 tadi.

Area berikutnya, knalpot. Menurutnya, ADV150 bisa menggunakan knalpot kepunyaan PCX150.

 Honda ADV 150 bisa dimodifikasi (1)

" Leher (head) knalpot bisa dipakai, cuma untuk silinder harus diatur ulang posisinya," terang Wicak.

Selebihnya tak ada yang mesti diacak-acak, kalau cuma ingin modif minimalis saja. Ban juga begitu. Ditambahkannya, penggantian karet bundar, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan.

3 dari 7 halaman

Siap Touring

Motor ini siap touring jarak jauh dengan modifikasi ADV 150 seperti di atas. Beberapa perangkat juga bisa dibubuhkan, seperti windshield yang tinggi, crash bar dengan tambahan penerbangan, serta brake lever cover. 

Ada sedikit perubahan pada jok dan sandaran yang dibuat, demi meningkatkan kenyamanan.

 Honda ADV 150 bisa dimodifikasi (2)

Karet bundar alias ban dan suspensi pun, tampak tak terjadi perubahan. Ini lantaran ADV150 sudah punya kaki-kaki mumpuni. Sebutlah ban belang (depan: 14 inci, belakang: 13 inci). Polanya sudah semi dual purpose dan berkompon soft. Jadi tak perlu khawatir meski melibas jalan aspal di tikungan.

Ditunjang suspensi belakang Showa berukuran 395 mm. Mestinya tak masalah meredam guncangan di jalan semi off-road. Apalagi ADV150 punya ground clearance cukup tinggi, 165 mm.

4 dari 7 halaman

Honda ADV 150 Laris Manis di GIIAS 2019

Dream – Honda ADV 150 diperkirakan bakal menjadi primadona baru skutik di Tanah Air. Dari tiga motor anyar yang diboyong PT Astra Honda Motor (AHM) di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, ADV150 paling laris dipesan pengunjung. 

Selama gelaran GIIAS 2019, penjualan tiga motor anyar Honda yaitu ADV150, Monkey, dan Genio terjual sebanyak 2.254 unit dari 2.852 sepeda motor yang dibawa AHM ke ajang tersebut

 Honda ADV 150 Laris Manis di GIIAS 2019

Model-model anyar ini berkontribusi sebanyak 79 persen terhadap total penjualan motor Honda.

" Hal ini menjadi inspirasi kami untuk terus berupaya menghadirkan sepeda motor yang sesuai dengan kebutuhan serta gaya hidup konsumen, serta memberikan pelayanan purna jual terbaik bagi konsumen di seluruh Tanah Air," kata General Manager Sales AHM, Ignatius Didi Kwok, di Jakarta, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Dream, Senin 29 Juli 2019.

5 dari 7 halaman

Mana yang Paling Laku?

Tiga model teranyar Honda yang baru saja diluncurkan pada awal kuartal II/2019 juga tercatat sebagai model sepeda motor yang mendominasi penjualan. Honda ADV150 membukukan penjualan tertinggi sebanyak 1.802 unit.

Honda ADV juga dinobatkan sebagai Favorite Motorcycle Visitor Choice yang dinobatkan oleh penyelenggara GIIAS 2019. 

Selain Honda ADV 150, Honda Monkey juga menjadi penyumbang penjualan sepeda motor Honda selama ajang GIIAS sebanyak 290 unit. Disusul Honda Genio ayang laki terjual 162 unit selama pameran GIIAS 2019 berlangsung.

6 dari 7 halaman

Performa Tiga Motor

Sekadar informasi, Honda ADV150 merupakan skutik penjelajah jalanan canggih berdesain futuristik dan manly, serta sarat dengan kenyamanan. Didukung dengan mesin 150cc, Honda ADV150 dilengkapi beragam fitur canggih seperti Two Step Adjustable Windscreen, ruang penyimpanan sebesar 28 liter, serta sistem full digital panel meter yang dapat menampilkan berbagai informasi.

Honda Monkey menjadi motor yang unik dan ikonik dengan konsep Iconic-Fun Bike. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1961, model ini terus bertahan karena desainnya yang ikonik dan dimensinya yang compact, serta bobot yang ringan sehingga sangat menyenangkan digunakan untuk berkendara. Mesinnya yang berperforma tangguh juga menjanjikan pengendalian yang mudah saat berkendara.

Sedangkan Honda Genio merupakan pilihan skutik terbaru yang hadir pertama kali pada akhir Juni 2019. Memiliki desain casual dan fashionable serta ukuran bodi yang compact, performa lebih baik serta beragam fitur yang lengkap seperti soket charger untuk mengisi daya smartphone, layar display yang menyajikan beragam informasi, dan lampu LED.

Honda Genio didukung oleh penggunaan frame(rangka) baru eSAF (enhanced Smart Architecture Frame). Teknologi frame baru Honda yang diimplementasikan pertama di Indonesia ini membuat Honda Genio lebih ringan, lincah, dan nyaman dikendarai.Model ini menjadi identitas dan tren baru bagi generasi muda Indonesia dalam berekspresi

7 dari 7 halaman

Motor Skutik Juga Laris

Selain Honda ADV, Honda Monkey, dan Honda Genio, model sepeda motor Honda lainnya juga dicari pengunjung selama pameran GIIAS 2019 berlangsung. Jajaran motor skutik Honda laris terjual sebanyak 2.441 unit.

Motor sport dan big bike Honda mampu memikat pengunjung dan terjual 379 unit. Di segmen lain, motor bebek Honda terjual sebanyak 32 unit.

Antusiasme pengunjung yang tinggi juga tampak terlihat di booth Honda yang selalu ramai dikunjungi konsumen setiap harinya pada area Hall 1A dan Hall 10. Tingginya minat konsumen ini mengantarkan booth AHM sebagai pemenang Favorite Booth Visitor Choice untuk area sepeda motor.

Wasiat Terakhir Ustaz Arifin Ilham
Join Dream.co.id