Begini Cara Memilih Filter Oli yang Tepat

Automotive | Senin, 17 Juni 2019 12:12
Begini Cara Memilih Filter Oli yang Tepat

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Filter ini berfungsi sebagai pembersih oli.

Dream – Tugas utama dari filter oli adalah membersihkan oli mesin sebelum disalurkan ke seluruh komponen internal mesin yang bergerak. Filter oli akan memastikan tidak ada jelaga, metal, atau debu yang sangat kecil (15-40 mikron) yang lolos sehingga berisiko komponen mesin yang saling bergesekan.

Dikutip dari Suzuki, Senin 17 Juni 2019, filter oli disarankan diganti setiap kali mengganti oli mesin. Mengapa? Karena saat kita lupa mengganti filter oli, akan timbul berbagai masalah, seperti saringan atau filter oli yang penuh dan tersumbat yang bisa mengganggu sirkulasi oli sehingga kerja oli menjadi tidak maksimal.

Mesin kendaraan pun berisiko terkontaminasi dengan kotoran yang tidak mampu disaring sempurna oleh filter oli yang sudah harus diganti. Oli yang fungsinya sebagai pelindung, pembersih serta pendingin tidak bisa berfungsi maksimal.

Masalah terakhir yang sudah pasti paling tidak diinginkan oleh pemilik kendaraan adalah rusaknya mesin permanen yang sudah pasti membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

2 dari 2 halaman

Lalu Bagaimana Cara Memilih Filter Oli?

Saat memilih filter oli mesin, yang paling gampang adalah dengan menyesuaikan part number dari spek kendaraan yang dimiliki. Tapi, ini berlaku jika memilih fikter OEM atau orisinal dan bukan filter oli aftermarket.

Kalau memilih filter oli aftermarket, yang perlu diperhatikan adalah ukuran ulir dan diameter. Mengapa?

Karena ukuran as tiap jenis mobil tak sama. Ada yang kecil dan ada yang besar. kalau ukurannya tak sesuai, dikhawatirkan bisa menambah kebocoran.

BJ Habibie Dimakamkan di Samping Ainun Habibie
Join Dream.co.id