Apa Saja Keunggulan Penggerak Roda Depan di Xpander dan Xpander Cross Terbaru?

Automotive | Senin, 21 Februari 2022 11:59

Reporter : Alfi Salima Puteri

Sebagai mobil keluarga atau multi-purpose vehicle (MPV), penggunaan FWD ini juga punya banyak kelebihan baik dari sisi performa maupun estetika.

Dream - Mobil dengan penggerak roda depan atau front wheel drive (FWD) kini semakin diminati di Indonesia, salah satunya Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross terbaru.

Sebagai mobil keluarga atau multi-purpose vehicle (MPV), penggunaan FWD ini juga punya banyak kelebihan baik dari sisi performa maupun estetika.

Mobil penggerak roda depan memiliki berat yang lebih ringan karena tidak memiliki gigi transmisi dan poros untuk menyalurkannya ke roda belakang.

Berat mobil yang lebih ringan dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Sehingga mobil penggerak roda depan cocok untuk digunakan pada mobil keluarga dan mobil yang digunakan pada daerah perkotaan.

Tsunehiro Kunimoto selaku Corporate Vice President, Design Division Mitsubishi Motors Corporation (MMC) mengatakan mobil berpenggerak roda depan justru lebih efisien, mengakomodir teknologi terbaru, dan menambah kelegaan pada ruang kabin karena lantai kendaraan menjadi rata.

 Daftar Lengkap Harga New Xpander dan New Xpander Cross: Dapat Diskon Rp20 Juta!© MEN

“ Tren di Eropa banyak memakai FWD karena akan lebih mengakomodasi teknologi baru. Misalnya lantai kabinnya rata karena konsep MPV tentunya harus lega serta beratnya juga lebih ringan," ujar Tsunehiro Kunimoto dalam sebuah pameran nasional, beberapa waktu lalu.

Sistem penggerak roda depan Mitsubishi Xpander juga ditunjang dengan transmisi baru continuously variable transmission (CVT) yang membuat performanya makin bertenaga dan hemat bahan bakar.

Ini berkat keseimbangan antara akselerasi maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8 percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan serta perpindahan gigi yang halus.

Apa Saja Keunggulan Penggerak Roda Depan di Xpander dan Xpander Cross Terbaru?
New Xpander
2 dari 2 halaman

Menurut Rifat Sungkar Brand Ambassador Mitsubishi Indonesia, dengan CVT friksi yang terjadi sangat sedikit membuat mengemudi jadi lebih menyenangkan karena tidak ada hentakan.

" Saya sempat mencoba beberapa hari dengan beberapa tipe jalanan, dan yang sangat berasa adalah saat mencapai RPM 3.000 ke 3.500. Di situ seperti ada dorongan ekstra seakan mobil tidak ada hambatan sama sekali. Lancar sekali dan ketika dipanggil tenaganya akan selalu ada,” kata pereli nasional itu.

 Xpander dan New Xpander Cross Foto by deki prayoga© © 2021 https://www.dream.co.id

Rifat mengakui pengguna mobil mungkin tetap melakukan “ kick down” atau menginjak pedal gas dalam-dalam untuk mendapatkan akselerasi. Namun, hal itu tidak perlu dilakukan sebab pengguna New Xpander hanya perlu mempertahankan torsi di RPM tertentu untuk mendapatkan tenaga yang optimal.

" Ini cukup berbeda dengan Xpander edisi sebelumnya. Kick down memang ada tapi pengguna bisa mempertahankan di RPM tertentu dan torsi akan mengeluarkan tenaga yang diminta," tutur suami Sisil Prisilia.

Join Dream.co.id