All New Honda PCX Rilis Tahun Depan, Ini Penampakannya

Automotive | Rabu, 1 Juli 2020 19:48
All New Honda PCX Rilis Tahun Depan, Ini Penampakannya

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Pakai mesin baru! Jenis apa, ya?

Dream – All New Honda PCX disebut-sebut akan rilis tahun depan. Skutik gambot Honda ini bakal mengusung tampilan dan mesin baru.

Dikutip dari Otosia, Rabu 1 Juli 2020, motor PCX 2021 diproduksi di Thailand. Ada banyak sektor yang berubah, termasuk kemungkinan PCX akan punya frame baru seperti All New Honda Beat dan All New Genio.

Frame baru itu bernama eSAF dan memungkinkan skuter matik lebih ringan 8 persen dari sebelumnya. All New Honda PCX 2021 dibekali dengan disc brakes depan dan belakang serta dipersenjatai pengereman ABS.

Ada kemungkinan motor ini juga akan dibekali dengan disc HSTC Traction Control System.

2 dari 5 halaman

Intip Mesinnya

Yang paling menarik adalah ubahan di sektor mesin. All New Honda PCX 2021 akan dibekali mesin baru eSP+ atau Enchanced Smart Power.

Kapasitas mesinnya meningkat, dari 149cc menjadi 157cc. Selain itu, dari 2 valve menjadi 4 valve. Hanya saja soal VTEC variable valve system masih belum diketahui detailnya.

3 dari 5 halaman

Gigi Sentrik Honda PCX Sering Bermasalah, Honda Lakukan `Operasi Senyap`

Dream - PT Astra Honda Motor (AHM) dikabarkan telah menarik ribuan motor PCX untuk mendapat perbaikan di komponen sproket cam. Pengguna yang merasa mengalami keluhan dengan sepeda motornya bisa langsung mendatangi bengkel resmi Honda.

Sprocket cam adalah komponen yang menggerakkan camshaft atau noken as. Jika komponen yang lebih tenar disebut gigi sentral alias gigi sentrik mengalami kerusakan, mesin motor dipastikan akan mati karena tak ada bahan bakar yang masuk ke ruang pembakaran.

 

 Gigi Sentrik Honda PCX Sering Bermasalah, Honda Lakukan Operasi Senyap© Dream

 

Meski kabar recall ini sudah banyak diketahui masyarakat, informasi tersebut beredar tanpa pemberitahuan.

PT Daya Adicipta Motora (DAM) yang menjadi main dealer sepeda motor Honda di wilayah Jawa Barat menjelaskan penanganan PCX yang bermasalah lebih tergantung pada ada tidaknya keluhan dari pengguna. 

" Jadi terkadang ada yang merasa itu jadi keluhan, ada yang merasa itu tidak masalah," ujar kata General Manager Motorcycle Sales, Marketing, and Logistic DAM, Lerri Gunawan, dikutip dari Liputan6.com, Rabu 19 Februari 2020. 

4 dari 5 halaman

Komponen Ini Bermasalah?

Menurut Lerri, pihaknya sampai saat ini masih melihat masalah sproket cam ada kaitannya dengan cara konsumen menggunakan sepeda motor PCX-nya.

" Makanya fokus orientasi kami pada penangananannya," kata dia.

Tanpa menyebutkan angka unit PCX yang terkena recall, Lerri memastikan program perbaikan ini berjalan dengan fokus orientasi khusus. Fokus yang dimaksud adalah penanganan masalah yang dialami konsumen kami.

Apabila konsumen merasakan ada yang sesuatu kekurangan yang terjadi dengan unitnya, konsumen diharapkan tidak usah ragu untuk datang ke bengkel resmi, AHASS terdekat, untuk mendapatkan penanganan maintenance motor konsumen tersebut,” katanya.

5 dari 5 halaman

Motor Bisa Mati Mendadak

Masalah recall ini sendiri disebutkannya terkait dengan sproket cam. Lerri juga menyebut bahwa pengecekan ini merupakan bagian dari perawatan rutin.

" Ini bagian dari pengecekan rutin juga kan ya. Pada saat konsumen sudah melakukan pembelian produk, mereka juga harus melakukan perawatan kembali sepeda motornya," kata dia.

Menurut informasi yang beredar, permasalahan terletak pada sprocket cam atau gigi sentral alias gigi sentrik. Kerusakan ini bisa menyebabkan motor mati mendadak, dan umumnya terjadi bagi mereka yang doyan ngebut. Ada 3.930 motor yang ditarik dalam kampanye ini.

(Sumber: Liputan6.com)

Join Dream.co.id