AC Mobil Mendadak Panas, Kenali Penyebabnya

Automotive | Minggu, 16 Februari 2020 07:00
AC Mobil Mendadak Panas, Kenali Penyebabnya

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Ingin bersantai di mobil, kok, malah AC panas ya?

Dream - AC mobil membuat kita nyaman selama berkendara. Tapi bila AC mobil mendadak tak sejuk lagi, bahkan mengeluarkan hawa panas, kita pasti bingung. Terkadang bahkan tak tahu harus berbuat apa.

Menurut laman Suzuki, AC mobil mendadak panas karena ada masalah di bagian komponen magnetic clutch. Komponen ini berfungsi menghubungkan kompresor AC dengan putaran mesin.

Ada tiga gejala yang menunjukkan magnetic clutch bermasalah. Pertama, blower AC tetap hidup, tapi embusan AC tiba-tiba terasa panas dan disusul putaran mesin yang meningkat sekitar 1.000-1.500 RPM. Biasanya AC akan dimatikan beberapa saat, dan setelah dinyalakan kembali, suhu AC kembali normal.

Ke dua, keluhan AC yang panas secara tiba-tiba mayoritas terjadi saat kendaraan terjebak kemacetan saat melaju kencang di jalan tol. Kejadian ini biasanya akan terus berulang. Awalnya, akan muncul sebulan sekali, lalu meningkat jadi dua minggu sekali, bahkan seminggu sekali.

Ke tiga, ada bunyi mirip gesekan mesin. Tak lama kemudian, AC jadi tidak dingin dan muncul bau terbakar. Kalau dibiarkan, ini bisa berakibat fatal dan AC mobil bisa mengalami kerusakan.

2 dari 8 halaman

Penting Banget Nyalakan AC Mobil Saat Hujan Turun

Dream - Saat hujan turun, udara menjadi dingin. Begitu pula dengan udara di dalam mobil.

Ingin menyalakan AC, tapi nanti tambah dingin.

Dikutip dari Suzuki, Selasa 11 Februari 2020, saat musim hujan, kamu sebaiknya menyalakan AC di dalam mobil. Embun yang tercipta karena musim hujan bisa membuat kaca mobil menjadi buram dan jarak pandang terganggu. Nah, inilah yang membahayakan keselamatan pengemudi.

 

  Penting Banget Nyalakan AC Mobil Saat Hujan Turun© Dream



Agar tidak terganggu, disarankan untuk menyalakan AC mobil saat hujan. Tujuannya untuk menyingkirkan embun yang berada di kaca mobil. Jika embun sudah tersingkir, jarak pandang pengemudi tidak akan terganggu.

Langkah ini memang lebih efektif daripada membuka kaca jendela dan mematikan AC. Sebab, ada perbedaan suhu yang mencolok dari dalam dan luar mobil.

3 dari 8 halaman

4 Masalah AC Mobil, Begini Cara Mencegahnya

Dream – Penggunaan AC atau pendingin ruang sudah menjadi keharusan bagi para pengguna mobil. Seiring dengan penggunaan AC, perawatan berkala harus tetap dilakukan.

Perawatan berkala ini akan membuatmu mendapatkan kenyamanan maksimal dan terhindar dari masalah.

 

 4 Masalah AC Mobil, Begini Cara Mencegahnya© Dream

 

Penggunaan AC tanpa diiringi dengan perawatan dapat menimbulkan masalah. Seperti AC mengeluarkan bau tidak sedap, tidak dingin, mengeluarkan bunyi kencang, dan juga kebocoran.

Berikut beberapa masalah pada AC dan cara mencegahnya, dikutip dari Auto2000, Minggu 8 September 2019:

4 dari 8 halaman

AC Berbau

Yang terutama tentunya terkait debu dan kotoran yang masuk ke dalam kabin. Bisa dari jendela yang terbuka atau penggunaan alas kaki yang kotor.

Debu dan kotoran itu tersedot ke dalam sistem sirkulasi AC dan menempel di evaporator. Karena lembap, bisa tumbuh jamur di evaporator yang menimbulkan bau tidak sedap.

Evaporator punya tugas penting karena hawa dingin yang dihasilkan oleh evaporator ditiup oleh blower menuju kabin mobil. Alhasil, bau apapun yang menempel di evaporator akan tercium oleh penumpang di kabin.

Sumber bau lain adalah penggunaan parfum mobil dengan kualitas rendah. Sama kasusnya dengan debu, uap parfum akan tersedot ke dalam sistem AC dan mengendap di evaporator. Dari sini bau tidak sedap kembali menjalar ke dalam kabin.

Proses yang sama juga terjadi ketika penumpang merokok di dalam mobil.

5 dari 8 halaman

Bagaimana Caranya Mencegah AC Bau?

Langkah terbaik yang bisa Anda lakukan guna mencegah AC bau adalah dengan rutin membersihkan kabin mobil. Terutama bagian depan di area karpet mobil karena dari situ udara kabin disedot oleh sistem AC mobil.

Lainnya adalah selalu tutup jendela mobil dan cukup dibuka saat dibutuhkan saja. Termasuk untuk tidak merokok di dalam kabin mobil.

Hindari penggunaan parfum yang punya kualitas rendah, termasuk parfum cair karena uapnya sangat mudah masuk ke dalam sistem sirkulasi.

 

 Bagaimana Caranya Mencegah AC Bau?© MEN

 

Sebaiknya letakkan parfum di bawah jok depan dan tidak perlu di kisi AC. Selain tidak nyaman bagi sebagian orang, uap yang diembuskan juga kurang baik untuk kesehatan.

Cara menjaga kebersihan sistem sirkulasi AC lain yang tidak kalah penting adalah dengan mengganti filter kabin AC sesuai waktu yang ditentukan, sehingga dapat efektif menjaring kotoran yang masuk.

6 dari 8 halaman

AC Tidak Bunyi

Ini biasanya terjadi lantaran ada kebocoran di sambungan pipa AC dan evaporator. Termasuk pula evaporator dan kondensor yang kotor karena menghambat proses distribusi hawa panas dan dingin di dalam sistem sirkulasi AC.

Sebabnya bisa karena faktor usia, perawatan yang tidak tepat seperti servis di bengkel mobil yang kurang oke, penggunaan suku cadang yang bukan orisinil, serta jarang melakukan service berkala.

Jawaban dari masalah ini masuk ke area teknis. Seperti memeriksa kandungan freon di tabung penyimpan, membersihkan evaporator dan kondensor, serta mengganti filter AC agar tetap maksimal menyerap kotoran dan kandungan air di dalam sistem.

7 dari 8 halaman

AC Bunyi

Biasanya bunyi mendesis timbul dari expansion valve yang sedang bekerja. Masih wajar saja selama bunyinya tidak mengganggu.

Namun bila merasa tidak nyaman, dan sudah mulai mengganggu pasti ada masalah pada AC mobil Anda. Permasalahan yang ada bisa berasal dari motor blower AC yang rusak, seperti ada bagian yang kendor atau bilah kipas yang rusak.

 

 AC Bunyi© MEN

 

Bahkan kotoran sepele seperti robekan kertas yang tersangkut bisa membuat AC bunyi. Lakukan pemeriksaan visual di sekitar kisi AC.

8 dari 8 halaman

AC Bocor

Hal ini biasanya ditandai dengan adanya tetesan air di lantai kabin. Biasanya disebabkan oleh selang pembuangan air dari evaporator yang tersumbat oleh kotoran dan meluber via sambungan selang.

Selain masalah nomor 1, agak sulit untuk melakukan sendiri perawatan dan perbaikan AC mobil. Hanya saja mengingat fungsi AC mobil yang sangat penting, sebaiknya dihindari untuk melakukan servis AC di bengkel mobil pinggir jalan.

Servis AC mobil merupakan hal yang rumit, dan tidak bisa dilakukan sembarangan. Untuk lebih mempermudah dalam service AC mobil, pemilik mobil Toyota bisa langsung mengunjungi bengkel Auto2000 terdekat. (ism)

Babak Baru Daus Mini Vs Daus Mini ‘KW'
Join Dream.co.id