7 Cara Mengatur Posisi Mengemudi yang Pas dan Anti-Pegal

Automotive | Sabtu, 28 Agustus 2021 07:00

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Siapa juga yang mau badan pegal-pegal setelah melalui kemacetan panjang. Yuk cari tahu posisi mengemudi yang pas saat berkendara.

Dream - Mengemudi mobil tak hanya soal membawa kamu dan kendaraan selamat sampai ditujuan. Selama di perjalanan, kita juga harus memperhatikan berbagai aspek mengemudi agar tubuh tak terasa pegal apalagi sampai encok.

Posisi mengemudi yang tepat sangat menentukan bagaimana kita melajukan kendaraan di jalanan. Selain buat kesehatan badan, posisi yang tepat saat menyetir juga membantu meminimalisasi potensi kecelakaan. 

Tak heran kita banyak melihat berbagai gaya seorang pengemudi saat sedang berada di balik kemudi. Mereka akan mengendarai mobilnya sesuai dengan gaya yang dianggap enak.

Namun benarkah posisi yang kita selalu pakai itu sudah memenuhi kriteria safety riding? Berikut ini adalah cara-cara mendapatkan posisi duduk yang pas, dikutip dari Auto2000, Sabtu, 28 gustus 2021.

 

7 Cara Mengatur Posisi Mengemudi yang Pas dan Anti-Pegal
Cara Mengatur Posisi Duduk Yang Pas Saat Berkendara
2 dari 4 halaman

Mulai dari Atur Jok Mobil

 Tips Belajar Mengemudi bagi Wanita, Jangan Sama Suami© MEN

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah memposisikan pinggang bagian belakang sedekat mungkin ke sandaran. Jarak ideal antara tempat duduk ke pedal gas disesuaikan sehingga lutut sedikit tertekuk saat pedal ditekan penuh.

Saat posisi pinggang sudah kamu temukan, selanjutkan adalah membuat bahu bersandar sedekat mungkin ke sandaran jok. Atur kemiringan sandaran agar lingkar kemudi mudah dijangkau dengan tangan ketika siku sedikit ditekuk. Kontak bahu harus dipertahankan ketika kemudi diputar.

Jangan lupa mengatur ketinggian tempat duduk dengan cukup tinggi. Tips ketiga ini dilakukan karena posisi duduk yang tinggi bisa membuat pengemudi mendapatkan pandangan atau visibilitas yang tidak terhalang ke semua sisi dan semua tampilan pada panel instrumen.

3 dari 4 halaman

Posisi Paha yang Tepat Saat Mengemudi

Langkah keempat adalah menyetel kemiringan sandaran jok agar pedal gas, rem, dan kopling bisa ditekan sepenuhnya dengan mudah. Paha harus dalam posisi nyaman di bantalan jok tanpa ada tekanan atau otot yang menegang. Periksa lagi kemiringan sandaran sebelum menghidupkan mesin.

Selanjutnya sesuaikan sandaran jok agar paha bertumpu tepat di atas lutut. Aturan praktisnya adalah harus ada jarak dua hingga tiga jari antara tepi jok dan lekukan lutut.

 Demi Kemaslahatan Bersama, Pahami 5 Poin Ini Saat Mengemudi© MEN

Jangan lupa lumbar support harus telah diatur dengan baik dan pas secara natural dengan lekukan punggung pengemudi. POsisi yang tidak pas hanya akan menyebabkan punggung pengemudi cepat pegal.

 

4 dari 4 halaman

Atur Juga Posisi Arm Rest dan Headrest

Ketujuh, jika ada arm rest, bagian tersebut harus dengan baik. Jangan sampai arm rest malah menjadi pengganggu kenyamanan badan atau tangan saat mengemudi.

Kedelapan, sesuaikan tepi atas sandaran kepala atau headrest dengan ketinggian yang sama pada bagian atas kepala pengemudi. Jarak ke kepala harus sekitar 2 cm.

Perlu diingat, dalam mengemudi, ingat pula untuk selalu konsentrasi. Jangan mudah terkecoh dengan sejumlah hal, mulai dari merokok, mengoperasikan smartphone atau makan dan minum saat mengemudi.

Join Dream.co.id