Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

6 Cara Jaga Kebugaran Pengemudi Truk di Tengah Pandemi Corona

6 Cara Jaga Kebugaran Pengemudi Truk di Tengah Pandemi Corona Ilustrasi Truk (Foto: Shutterstock)

Dream – Tahun ini jadi masa yang cukup berat bagi pengemudi truk dan bus. Saat pandemi corona, mereka harus mengantar kebutuhan logistik dan penumpang ke berbagai daerah di Tanah Air.

Apalagi yang berpuasa, tantangannya menjadi semakin besar. Menjaga fisik pun sangat dibutuhkan selain memastikan tunggangan selalu prima.

Dikutip dari OTO, Minggu 17 Mei 2020, kondisi tubuh kurang baik, berpotensi menyebabkan kelelahan atau microsleep (tertidur dalam waktu singkat) saat mengemudi. Bahkan tak menutup kemungkinan terpapar penyakit. Tentunya semua itu bisa menyebabkan insiden tak diinginkan di jalan.

Menurut Daimler Commercial Vehicle, ada enam cara untuk menjaga tips kebugaran bagi sopir truk dan bus. Pertama, tidur cukup. Lantaran sering dikejar waktu atau perjalanan yang cukup jauh tanpa henti, membuat pengemudi sering mengorbankan waktu tidur.

Padahal, hal ini sangat dibutuhkan agar tubuh tetap optimal. Manfaatkan 7-8 jam untuk tidur, sebelum akhirnya beraktivitas kembali. Ini tak hanya mencegah kelelahan, tapi juga microsleep yang sangat membahayakan, baik untuk pengemudi, penumpang dan pengguna jalan lain.

Kedua, perbanyak minum air mineral. Sebisa mungkin kurangi konsumsi minuman berkafein. Karena ketika efek segarnya habis, tubuh bisa terasa lebih letih, cepat dehidrasi yang mengarah pada berkurangnya konsentrasi.

Untuk itu, perbanyak air mineral. Bagi yang berpuasa, optimalkan saat sahur dan berbuka. Dampaknya jantung akan memacu dengan maksimal, menyebabkan aliran darah mengalir lancar dan fisik selalu terasa segar.

Langsung Istirahat

Ketiga, beristirahat segera. Mngemudi tanpa henti sangat tak dianjurkan. Apalagi saat sudah mulai mengantuk atau kelelahan. Karena itu, segeralah menepi dan turun dari kendaraan. Istirahatkan diri, kemudian lakukan peregangan otot dan berjalan-jalan sekitar 5 atau 10 menit.

Keempat, rasa bosan karena mengemudi saja dapat menimbulkan rasa kantuk. Agar tetap terjaga, lakukan aktivitas lain yang menyenangkan. Seperti mendengarkan musik.

Namun perlu diingat, sebaiknya musik dengan tempo cepat, yang dapat membangkitkan semangat saat berkendara. Cara lain yakni mengobrol dengan asisten pengemudi, untuk mengusir rasa bosan.

Mengatur Posisi Duduk

Kelima, mengatur posisi duduk. Lelah dan kantuk biasanya juga sering muncul karena posisi duduk yang terlalu nyaman.

Atur bangku dengan sandaran tegak. Dengan begitu, pengemudi bisa lebih fokus dalam mengemudi.

Keenam, menjaga kebersihan. Di tengah wabah saat ini, memastikan kebersihan sangat penting. Guna mengantisipasi penularan COVID-19.

Pastikan memakai masker. rutin menggunakan hand sanitizer, serta membersihkan kabin kendaraan secara rutin. Fisik yang terbebas dari penyakit tentu sangat dibutuhkan bagi pengemudi bus dan truk, termasuk juga kendaraan lain.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

4 Tips Hindari Perut Kembung, Perayaan Malam Tahun Baru Bakal Lebih Enjoy

Jangan sia-siakan malam tahun baru yang seru hanya karena perut tak nyaman akibat kembung, ikuti tips-tips ini.

Baca Selengkapnya
Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Penampakan Rumah Ini Bikin Melongo, Dari Luar Bak Gubuk Kayu Lihat Isi Dalamnya Auto Terpana!

Dibalik kesederhanaan rumahnya itu terdapat keindahan yang luar biasa

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah Ustaz Abdul Somad Bikin Kaget, Tidur Hanya Beralaskan Tikar

Rumah milik Ustad Abudl Somad atau UAS berada di perkampungan dengan jalan yang cuma muat dilintasi satu mobil.

Baca Selengkapnya