6 Alas Kaki yang Tak Disarankan Saat Mengendarai Mobil

Automotive | Selasa, 16 Juli 2019 10:36
6 Alas Kaki yang Tak Disarankan Saat Mengendarai Mobil

Reporter : Cynthia Amanda Male

Kamu sering pakai alas kaki yang mana?

Dream - Saat mengemudikan mobil, tak cukup kemampuan memegang setir yang perlu diperhatikan. Sisi keamanan berkendara juga harus dipelajari agar perjalanan selamat sampai tujuan.

Pengendara yang baik akan memperhatikan syarat mengemudikan mobil yang aman agar selamat di perjalanan.

Menerima pesan atau panggilan telepon, memakai headphones atau merias wajah saat menyetir adalah beberapa contoh tindakan membahayakan saat mengemudikan mobil.

Namun ada satu safety riding yang sering luput dari perhatian pengguna kendaraan bermotor, yaitu memakai alas kaki dengan benar. Ya, alas kaki ternyata juga bisa menentukan keselamatan seorang pengemudi ketika menyetir mobil.

Alas kaki banyak jenisnya. Mulai dari sandal, sneakers, high heels, selop hingga wedges. Dilansir dari Reader's Digest, berikut adalah sepatu yang sebaiknya tidak dipakai atau dihindari ketika mengemudikan mobil.

2 dari 6 halaman

1. Sandal

Sandal hadir dalam berbagai jenis, mulai sandal jepit, sandal tali hingga flat shoes. Tapi sandal sangat tidak disarankan untuk dipakai ketika mengemudikan mobil.

" Yang paling dikhawatirkan dari alas kaki jenis ini adalah kemungkinan solnya terperangkap atau terjebak di bawah pedal. Atau bahkan sandal terlepas dari kaki saat mengemudi," jelas Ronit Tehrani, salah satu pemilik sekolah mengemudi di Pennsylvania.

Selain itu, sandal sama sekali tidak memiliki dukungan pada pergelangan kaki. Dan bukan hanya sandal jepit, kamu mungkin harus menghindari untuk mengemudi dengan mengenakan segala jenis sandal atau sepatu tanpa pendukung pergelangan kaki.

 shutterstock© shutterstock.com

2. Selop

Terkadang kamu membeli makanan yang terletak beberapa blok dari rumah dengan mobil, sambil tetap memakai selop atau slipper karena malas mengganti alas kaki.

Sebaiknya kamu berpikir ulang lagi. Selop atau slipper memiliki potensi bahaya yang sama seperti sandal. Keduanya tidak aman karena tidak memiliki pendukung di sekitar pergelangan kaki. Selop bisa saja terlepas ketika kamu mau menginjak pedal rem atau gas.

3 dari 6 halaman

3. High Wedges dan Platform Heels

Sepatu dengan sol rendah atau rata sangat dianjurkan karena menjaga kaki tetap dekat dengan pedal. Membuatnya lebih cocok untuk membantu kaki mengukur kekuatan yang dibutuhkan untuk menekan gas atau rem.

Sementara sepatu dengan bagian sol tebal dan tumit yang tinggi seperti high wedges atau platform heels, akan membuatmu salah menginjak pedal, menyulitkan saat menginjak pedal secara bersamaan.

 shutterstock© shutterstock.com

4. High Heels

High heels prinsipnya sama seperti high wedges dan platform heels, yaitu membahayakan saat dipakai untuk mengemudikan mobil.

Ujungnya yang lancip bisa menancap pada karpet mobil sehingga membahayakan. Selain itu, bagian depannya yang tipis dan lancip akan menyulitkan saat mengerem atau mengegas mobil.

 shutterstock© shutterstock.com

4 dari 6 halaman

5. Sepatu Baru

Ternyata sepatu baru juga tidak direkomendasikan untuk dipakai saat menyetir mobil. Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan saat mengemudi, kamu harus memastikan bagaimana sepatu yang dipakai terasa nyaman di kaki.

Kamu sebaiknya sudah terbiasa dengan sepatu tersebut hingga terasa pas saat dipakai untuk mengemudikan mobil. Selain itu, sepatu baru biasanya memiliki sol yang masih licin sehingga membahayakan saat digunakan untuk menyetir mobil.

5 dari 6 halaman

6. Telanjang Kaki

Mengemudikan mobil tanpa memakai alas kaki adalah pilihan paling tidak aman. Kamu akan membutuhkan tenaga ekstra untuk menginjak gas dan rem. Hal ini akan berpengaruh pada timing yang dibutuhkan saat mengemudikan mobil.

Meski demikian, mengemudikan mobil tanpa memakai alas kaki juga ada sisi positifnya. Yaitu memungkinkan pengemudi untuk memiliki kontrol lebih besar pada pedal.

Pengemudi juga bisa merasakan langsung untuk setiap penyimpanan yang terjadi sambil memberikan tekanan pada rem atau pedal gas secara terkendali.

Ketika ditanya, alas kaki yang paling tepat untuk dipakai mengemudikan mobil, Tehrani menyebutkan sneakers, loafers atau flat shoes.

6 dari 6 halaman

Tips Memilih Sepatu Boots untuk Perempuan Berkaki Jumbo

Dream - Mencari sepatu boots untuk wanita memang tidak mudah, terutama bagi si pemilik kaki besar.

Sepatu wanita pada umumnya memiliki ukuran yang terbatas. Agak sulit untuk mencari size di atas angka 40.

Selain itu, desain boots yang besar justru membuatmu terlihat seperti raksasa. Belum lagi bobot yang lebih berat bisa bikin kaki mudah lecet.

Namun, Sahabat Dream yang berkaki besar tidak perlu khawatir. Sepatu boots bisa kok dipakai untuk menyamarkan ukuran kaki.

Dikutip dari laman Popsugar, berikut ini model sepatu boots yang cocok dipakai untuk perempuan berkaki besar.

 

Heeled Boots

 Heeled Boots© Foto: New Look

(New Look Wide Fit Heeled Sock Boot in Black/Foto: New Look)

Boots dengan aksen heels sangat bagus untuk mengakali ukuran kaki. Heels yang tinggi akan membuatmu terlihat lebih jenjang.

Aksesoris seperti tali atau zipper di bagian belakang juga bisa mengalihkan perhatian orang dari ukuran kakimu. Pilih warna gelap agar kaki semakin ramping.

Patterned Boots

 Patterned Boots© Foto: Topshop

(Wide Fit Babe Ankle Boots/Foto: Topshop)

Permainan motif bisa diterapkan untuk menyamarkan bentuk kaki. Pilihan motif animal skin bisa bikin kaki terlihat lebih kecil, seperti motif leopard dan kulit ular.

Knee High Boots

 Knee High Boots© Foto: Nordstorm

(Mia Knee High Boot Something Navy/Foto: Nordstorm)

Kaki besar biasanya juga disertai dengan betis yang besar pula. Gak usah takut, kamu bisa kok tampil modis.

Coba pakai boots dengan tinggi selutut. Tak hanya kaki, betis besar juga akan tersamarkan. Pilihan warna gelap akan membuat kaki terlihat lebih kecil.

High Leg Boots

 High Leg Boots© Foto: Topshop

(Wide Fit Bailey High Leg Boots/Foto: Topshop)

Sepatu ini merupakan boots dengan tinggi paling maksimal. Kamu engak perlu lagi minder dengan ukuran kaki.

Kaki justru terlihat ramping dan jenjang dengan sepatu ini. Pilih sepatu dari bahan suede agar kaki bisa bergerak leluasa.

Join Dream.co.id