5 Cara Mudah Rawat Mobil di Rumah

Automotive | Senin, 18 Mei 2020 12:12
5 Cara Mudah Rawat Mobil di Rumah

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Kebijakan PSBB dan WFH membuat masyarakat tak banyak bepergian.

Dream – Penerapan imbauan pemerintah untuk tetap di rumah dan work from home (WFH) dengan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) akibat corona. Ini membuat masyarakat untuk menjaga jarak dan tidak bepergian.

Dengan adanya kebijakan ini pula membuat kendaraan jarang dipakai. Mobil yang biasanya meluncur menempuh jarak ratusan hingga ribuan kilometer, pada saat merebaknya wabah corona terpaksa harus terparkir lama di garasi rumah hingga waktunya virus asal Wuhan, China, itu menghilang.

Meski kendaraan tetap di rumah saja mengikuti pemiliknya, namun masih wajib diperhatikan dan dirawat. Terlebih lagi, mobil sama sekali tidak dipakai.

" Hal ini agar kendaraaan tetap sehat dan terawat meski terpakir lama di rumah," kata Head of After Sales & CS Operation Group PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Boediarto, dikutip dari Otosia, Senin 18 Mei 2020.

Berikut ini lima langkah mudah merawat kendaraan di rumah.

1.Cek Oli Mesin

Pengecekan standar ini dilakukan dengan melihat batas maksimum dan minimum banyaknya oli yang masih ada dalam mesin melalui oil stick. Jika level menunjukkan antara maksimum dan minimum dan masih berwarna bening, berarti kondisi oli aman.

Tapi jika tertera di batas minimum, cukup ditambahkan dengan oli baru yang sesuai dengan oli yang dipakai.

“ Jangan lupa, usahakan pengecekan dilakukan di tempat yang rata,” ujar Budi.

2. Cek Air Radiator

Pada produk kendaraan saat ini, pengecekan air radiator tidak perlu lagi dengan membuka radiatornya, Cukup dengan mengecek tangki cadangan air radiator apakah masih berada di batas maksimum atau minimum. Tambahkan air radiator jika posisi menunjuk batas minimum.

2 dari 3 halaman

Jangan Lupa Cek Baterai

3. Cek Baterai

Sebagai komponen penting dalam kelistrikan ada kendaraan, baterai atau aki pada mobil yang lama tidak digunakan juga wajib dicek dan diperhatikan dengan baik.

Baterai masih dalam keadaan sehat dan mumpuni dalam mengalirkan listrik ke alternator sehingga mesin mobil mudah distarter atau dihidupkan.

4. Cek Tekanan Angin Ban

Bagian roda ini juga harus selalu diperhatikan terhadap mobil yang mangkrak lama di rumah. Saat stay di rumah, kita tak perlu repot lagi mendatangi bengkel tambal ban untuk mengecek tekanan angin. Cukup dengan pompa angin portabel yang ada penunjuk tekanan anginnya. Tekanan air disesuaikan dengan produk ban yang dipakai pada mobil Anda," tukasnya.

3 dari 3 halaman

Panaskan Mesin

5. Panaskan Mesin

Jika sudah semua dilakukan pengecekan, hidupkan mesin mobil. Panaskaan mesin mobil tiga kali sehari untuk menjaga baterai tetap sehat. Jika mobil yang lama tidak dipakai sama sekali tidak dipanaskan, dikhawaatirkan oli mesin akan mengendap.

“ Durasi pemanasan saat mobil diam selama 10 hingga 15 menit dengan RPM 1.500 atau lebih,” kata Budi.

Join Dream.co.id