5 Cara Jitu Bersihkan Motor yang Berkarat

Automotive | Rabu, 13 Oktober 2021 08:45

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Salah satu bahannya bisa kamu temukan di kamar mandi!

Dream – Salah satu masalah yang sering terjadi pada motor adalah karatan pada bagian logamnya. Karat ini biasanya muncul di beberapa bagian motor, seperti knalpot.

Dikutip dari Astra Motor, Rabu 13 Oktober 2021, karat di bodi motor memang mengganggu penampilan motor. Karat itu akan membuat kendaraan tidak kinclong dan tidak terawat.

Ada cara-cara untuk membersihkan karat di motor. Sekadar mengingatkan, karat tidak mempan kalau dibersihkan dan disikat dengan air.

5 Cara Jitu Bersihkan Motor yang Berkarat
Knalpot Menjadi Salah Satu Bagian Motor Yang Gampang Berkarat. (foto: Shutterstock)
2 dari 4 halaman

Pakai BBM Ini

Pertama, menggunakan BBM ini. Kamu bisa mencampurkan pertamax plus dengan solar dengan perbandingan 1:2. Kemudian, oleskan campuran itu ke bagian motor yang berkarat. Gosok dengan sikat, seperti sikat gigi dan bersihkan.

Kedua, menghilangkan karat di motor dengan oli bekas. Setelah ganti oli, jangan buang bekasannya. Oli bekas ini bisa menghilangkan karat di besi motor. Kamu hanya perlu mengoleskan oli bekas secara merata di bagian motor yang berkarat, seperti leher knalpot.

Setelah mengoleskan oli bekas secara merata, nyalakan mesin motor dan biarkan panas kurang lebih 1-2 menit. Dengan bantuan panas, oli ini akan membantu meluruhkan karat di motor. Oh, ya, bagian knalpot juga bisa dibersihkan dengan oli bekas, lho.

3 dari 4 halaman

Pakai Pembersih Keramik

Kamu bisa menggunakan pembersih keramik untuk membersihkan karat di motor. Oleskan cairan pembersih keramik di bagian motor yang berkarat.

Diamkan beberapa saat. Kemudian gosok dengan sikat hingga karat benar-benar hilang. Sayangnya, pembersih keramik ini

Tetapi pembersih keramik memiliki dampak kurang baik untuk blok mesin. Jadi sebaiknya hindari menggunakan pembersih keramik di area tersebut.

Keempat, menghilangkan karat di motor dengan stempet. Kamu bisa menggunakan gemuk atau cairan yang teksturnya sangat kental seperti gel. Gemuk ini sebenarnya berfungsi untuk melumasi suku cadang motor.

Sifatnya yang lengket ini menjadikan gemuk bisa bertahan lebih lama di bagian yang dilumasi. Untuk bagian motor yang tidak bisa dicat ulang, gemuk sering digunakan untuk mencegah karat di bagian ini, seperti rangka motor yang catnya sudah rusak.

© Dream
4 dari 4 halaman

Pakai Pasta Gigi

Kelima, menggunakan pasta gigi. Tak disangka, pasta gigi juga bisa membersihkan karat.

Cukup oleskan pasta gigi di bagian motor yang berkarat. Tunggulah beberapa menit dan gosok dengan kain lap.

Cara ini memang tidak instan. Jadi, kamu perlu mencobanya hingga beberapa kali sehingga karat benar-benar hilang.

Join Dream.co.id