SUV Kuning Ini Jadi Mobil ke 7 Juta Daihatsu Setelah 43 Tahun Beroperasi

Automotive | Minggu, 22 Agustus 2021 07:01

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Mobil ini jadi penanda produksi kendaraan Daihatsu sudah 7 juta unit.

Dream – PT Astra Daihatsu Motor (ADM) merayakan 43 tahun keberadaannya di Indonesia dengan mengantongi penjualan 7 juta unit di Indonesia. Pabrik dari Daihatsu pertama kali mulai beroperasi di Tanah Air pada 1978.

“ Pencapaian produksi ke tujuh juta unit merupakan momentum penting bagi ADM, terlebih di tengah kondisi pandemi hingga saat ini,” kata Executive Officer PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Kurniawan Rahardono, dalam konferensi pers virtual baru-baru ini.

Dia mengatakan Rocky 1.200 menjadi penanda produksi 7 juta unit mobil Daihatsu.

“ Tujuh juta unit ini pas di mobilnya adalah Rocky. Warnanya kuning,” kata pria yang akrab dipanggil Doni.

SUV Kuning Ini Jadi Mobil ke 7 Juta Daihatsu Setelah 43 Tahun Beroperasi
Setelah Empat Dekade Beroperasi, Daihatsu Mengantongi Penjualan Total Tujuh Juta Unit Mobil. (Foto: Astra Daihatsu Motor)
2 dari 6 halaman

Pegang 43 Persen Pasar

Sekadar informasi, ADM memulai produksi mobil secara utuh pada tahun 1978 dan mencapai produksi ke-1 juta unit dalam waktu 27 tahun, yakni pada 2005. Selanjutnya, produksi ke-2 juta unit tercapai dalam waktu lebih singkat, yakni 5 tahun setelahnya pada 2010.

Menyusul produksi ke-3 juta unit, tercapai pada tahun 2013 hanya dalam selang waktu 3 tahun. Produksi ke-4 juta dan 5 juta unit, pada tahun 2015 dan 2017, hanya membutuhkan waktu 2 tahun. Produksi ke-6 juta unit pada tahun 2019, dicapai kurang dari 2 tahun, dan pada Juli 2021 di tengah kondisi pandemi Covid-19, ADM berhasil mencapai produksinya yang ke-7 juta unit.

Dalam hal produksi, ADM memiliki fasilitas perakitan kendaraan terintegrasi yang modern di Sunter dan Karawang dengan total kapasitas produksi hingga 530 ribu unit per tahun.

Dengan kapasitas ini, Daihatsu bisa memproduksi kendaraan dalam 5 tahun terakhir (2017-2021) yang berkontribusi rata-rata sekitar 40 persen dari wholesales pasar mobil domestik di Indonesia. Jika dilihat dari angkanya, produksi Daihatsu disebut lebih banyak daripada yang dibuat oleh brand lainnya. 

“ Sejauh ini, yang saya tahu lebih banyak daripada Toyota. Kalau untuk angka, silakan confirm ke Toyota,” kata dia.

3 dari 6 halaman

Adaptasi di Tengah Pandemi

Pencapaian ini tak lepas dari inovasi ADM di Indonesia, kata Doni. Pihaknya menerapkan inovasi, terlebih di tengah badai Covid-19, misalnya digitalisasi control system dan ada robotic welding.

Pembaruan ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar dengan standar kualitas global. Doni juga menyebut pihaknya terus adaptif untuk memproduksi mobil secara optimal sesuai dengan protokol kesehatan.

“ Penerapan teknologi terbaru demi meningkatkan produksi,” kata dia.

4 dari 6 halaman

Daihatsu Tebar Promo Diskon Service Hingga 45% , Semua Model Kebagian

Dream – Berbagai cara dilakukan perusahaan untuk memanjakan konsumen saat peringatan HUT Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2021 mendatang. Daihatsu tak mau ketinggalan momen spesial ini dengan menebar diskon untuk konsumen setianya hingga akhir Agustus 2021.

Dikutip dari keterangan tertulisnya, program diskon Daihatsu akan berlangsung di semua bengkel resmi dan berlaku untuk semua model kendaraan.

Ada dua pilihan paket promo, yaitu Paket Merdeka 1 yang memberikan diskon material fogging sebesar 17 persen dan spare part 8 persen. Sementara Paket Merdeka 2 memberikan potongan harga 45 persen untuk jasa servis dan diskon Rp76 ribu untuk tune up kendaraan.

 

 Daihatsu Tebar Promo Diskon Service Hingga 45% , Semua Model Kebagian© Dream

 

“ Dengan semangat menyambut kemerdekaan, Daihatsu ingin memberikan apresiasi kepada pelanggan dengan memberikan paket service yang ekonomis,” kata Service Departement Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Ratno Yunanto, di Jakarta.

Pelanggan, lanjut Ratno, bisa memilih paket yang paling sesuai dengan kebutuhannya, sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Dia menyarankan pelanggan bisa memesan layanan terlebih dahulu di bengkel terdekat atau menghubungi Daihatsu Access di nomor 1-500-898. Ratno menerapkan protokol kesehatan yang ketat sehingga aman dan nyaman bagi setiap pengunjung.

“ Semoga program ini dapat membantu memudahkan pelanggan setia dalam merawat kendaraan Daihatsu kesayangannya agar tetap dalam kondisi prima saat digunakan beraktivitas,” kata dia.

5 dari 6 halaman

Daihatsu Maksimalkan Penjualan Lewat Layanan Online Saat PPKM Daruratsu Maksimalkan Penjualan Lewat Layanan Online Saat PPKM Darurat

Dream – Keputusan Pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat selama 3-20 Juli 2021 disambut pabrikan otomotif dengan mengurangi sementara operasional bengkel resmi. Layanan hanya diberikan untuk perawatan kendaraan di yang menunjang usaha sektor kritikal.

Penutupan sementara bengkel resmi untuk kendaraan pribadi salah satunya dilakukan oleh pabrikan Daihatsu. Langkah itu sebagai bentuk dukungan perusahaa terhadap program pemerintah serta mengutamakan kesehatan dan keselamatan karyawan.

“ Daihatsu dan seluruh pihak terus mendukung program pemerintah dalam memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19,” kata Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso, dalam konferensi pers virtual, Kamis 15 Juli 2021.

 

 Daihatsu Maksimalkan Penjualan Lewat Layanan Online Saat PPKM Daruratsu Maksimalkan Penjualan Lewat Layanan Online Saat PPKM Darurat© Dream

 

Di area yang terdampak PPKM Darurat, Hendrayadi menyebut semua showroom Daihatsu di Jawa-Bali tutup sementara. Begitu pula dengan tambahan 15 kota/kabupaten lainnya. 

Daihatsu sudah menerapkan 100 persen work from home (WFH) pada karyawan dan tetap berkomitmen melayani pelanggan dengan maksimal dari rumah.

“ Kami mohon dukungan dan pengertiannya dari pelanggan atas kebijakan pembatasan beberapa layanan sementara ini,” kata dia.

6 dari 6 halaman

Bisa Hubungi Saluran Online

Hendrayadi menambahkan layanan bengkel Daihatsu tetap beroperasi khususnya untuk merawat kendaraan yang bergerak di sektor kritikal seperti transportasi, logistik, distribusi barang dan jasa serta layanan kesehatan.

Namun, lanjutnya, bengkel hanya beroperasi 10 persen dari kapasitas. Perusahaan berharap pelanggan untuk memesan terlebih dahulu layanan perawatan berkala sebelum menuju ke lokasi bengkel ini.

Sementara untuk penjualan kendaraan, Daihatsu menyediakan layanan Daihatsu Access di nomor 1-500-898 mobile apss DaihatsuKu, situs resmi Astra Daihatsu Motors, serta layanan virtual assistant Chatbot Daisy. Pelanggan juga bisa menghubungi outlet atau bengkel Daihatsu terdekat.

“ Memang nggak bisa ketemu langsung, tapi yang di Jawa Bali bisa melalui online,” kata dia.

Join Dream.co.id