3 Hal yang Perlu DIperhatikan Saat Memanaskan Mesin Motor

Automotive | Senin, 24 Juni 2019 08:12
3 Hal yang Perlu DIperhatikan Saat Memanaskan Mesin Motor

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Aktivitas ini sering dilakukan sebelum mengemudikan motor.

Dream - Pemilik sepeda motor pernah mengalami masa-masa dimana mereka setiap pagi harus memanaskan tunggangannya. Namun dengan perkembangan teknologi yang semakin maju, kebiasaan ini mulai ditinggalkan. 

Padahal memanaskan mobil hanya beberapa menit saja bisa membantu mesin lebih awet. Komponen aki juga jadi tak mudah rusak. 

Dikutip dari Wahana Honda, Minggu 23 Juni 2019, motor-motor modern saat ini memang telah menggunakan teknologi mutakhir sehinga tak perlu memanaskan motor. Kalaupun masih melakukan kebiasaan ini, kamu tak bisa melakukannya dengan sembarangan.

Untuk motor berteknologi fuel injection (FI), memanaskan mesin motor memang sudah tak perlu dilakukan. Hal yang sama seperti motor yang menggunakan sistem karburator.

Motor dengan sistem ijeksi yang telah diatur oleh Engine Control Modulu (ECM) juga tak perlu digas berulang kali saat melakukan pemanasan mesin. 

Cukup dibiarkan saja motor menyala dengan sendirinya melakukan. Bagaimana apa dari kalian sudah mengetahui hal ini?

2 dari 6 halaman

Tujuan Memanaskan Mesin Motor

Tujuan melakukan hal ini untuk menjadikan mesin dan beberapa komponen si kuda besi bisa tampil optimal. Kenapa demikian? Karena memanaskan motor sama halnya perenggangan seorang atlet, yang mana fungsinya untuk mempersiapkan sebelum beraktivitas.

Jadi, ketika motor dipanaskan akan membuat sirkulasi oli mesin akan berjalan baik. Kalau sudah begitu kendaraan tidak akan kaget bila tiba-tiba diajak ngebut. Selain itu, memanaskan motor juga membuat komponen mesin lebih awet, lantaran tidak tiba-tiba bekerja setelah berhenti lama.

Itulah tadi beberapa fakta lain di balik manfaat dari memanaskan motor. Berkaca dari hal tersebut, sepertinya memanaskan motor tetap perlu dilakukan meski sebuah kendaraan punya teknologi baru. Namun, saat melakukannya harus sesuai prosedur agar efek positif yang kita dirasakan. Jangan sampai lantaran ‘ritual’sederhana ini kendaran berurusan dengan service mahal.

3 dari 6 halaman

Waktu yang Tepat Memanaskan Mesin

Masih tentang kegiatan ini, ternyata memanaskan motor itu ada aturannya. Tidak dilakukan dengan asal-asalan atau sembrono. Seperti salah satunya terkait lamanya kegiatan tersebut.

Mereka yang melakukan hal ini tidak dianjurkan untuk berlama-lama mamanaskan tunggangannya. Dari penelusuran penulis, waktu yang baik untuk melakukan ‘ritual’ ini adalah 3 sampai 5 menit saja. Lebih dari waktu itu tidak dianjurkan.

Mengapa tak boleh terlalu lama? Motor yang dipanaskan terlalu lama akan mengalami overheating. Hal ini disebabkan oleh sirkulasi udara di kendaraan tidak berjalan saat kendaraan dipanaskan karena motor selalu dalam keadaan diam.

Kalau kegiatan ini berlangsung lama, knalpot akan cepat menguning dan boros bahan bakar.

4 dari 6 halaman

Kick Starter Jadi Pemula

Seperti yang disebutkan, memanaskan motor tak boleh sembrono. Kamu bisa memulainya dengan kick starter sebagai salah satu caranya. Tujuannya agar meringankan beban kelistrikan kendaraan.

Sistem elektrik stater memakai baterai sebagai sumber tenaga. Jadi jika tanpa kick stater saat menghidupkan si kuda besi akan membebani benda tersebut.

Alhasil, potensi aki soak atau sitem kelistrikan rewel sangat tinggi. Apalagi untuk motor yang sudah nonaktif selama beberapa minggu, tegangan baterainya bisa drop

5 dari 6 halaman

Bukan Cuma Karena Aki, Ini Penyebab Electric Starter Tak Berfungsi

Dream – Pernah merasa jengkel karena electric starter motor tidak berfungsi? Kamu yang menggunakan motor skutik pasti semakin kesal starter ini tak berfungsi padahal sedang di tengah kemacetan.

Alhasil kamu harus menepi terlebih dahulu dan mengangkat standar tengah motor untuk menyalakan motor dengan kick starter

Biasanya banyak pemilik sepeda motor akan langsung menduga penyebab strarter electrik tak berfungsi karena masalah di aki.

Nyatanya, ada banyak penyebab starter elektrik menjadi tidak berfungsi. Jadi pastikan dahulu komponen lain telah kamu periksa.

Dikutip dari Suzuki, Kamis 2 Mei 2019, penyebab pertama electric starter tak berfungsi bisa karena adalah masalah dalam switch starter. Komponen ini berfungsi sebagai saklar elektromagnetik untuk memutus dan menyambung arus listrik.

Ketika electric starter tidak berfungsi, sebaiknya kamu memastikan dulu jika komponen ini benar-benar berfungsi.

Caranya, sambungkan kabel antara switch starter tersebut. Jika terdengar bunyi cekrek-cekrek atau malah malah berfungsi, itu tandanya switch starter sudah rusak atau kotor dan perlu dibersihkan.

Kedua, bendik.

Bagian ini bertujuan untuk memicu aliran listrik dari api yang nantinya diumpankan ke dinamo starter dan mesin pun tidak akan menyala.

Untuk memastikannya, kamu bisa mencoba mendengarkan baik-baik komponen yang satu itu. Kalau switch starter ditekan dan bendik tidka merespons, kamu bisa curiga masalahnya pada bendik.

6 dari 6 halaman

Bisa Jadi Dinamo Starternya Rusak

Ketiga, dinamo starter.

Kerusakan dinamo starter tergolong cukup langkah karena komponen ini tergolong aman. Biasanya, kerusakan dinamo starter disebabkan karena arang kumparannya (brush) terputus atau gosong karena konslet atau sebab lainnya.

Untuk kerusakan dinamo starter bisa dicek dengan cara memperhatikan bendik. Kalau bendik bereaksi ketika switch starter ditekan, patut dicurigai kerusakannya di bagian komponen ini.

Keempat, accu soak.

Kalau seluruh komponen dipastikan dalam kondisi bagus, penyakit terakhir yang mungkin terjadi adalah accu yang rusak. Untuk memastikannya, kamu bisa menggunakan aki yang masih bagus sebagai pemancing.

Kalau bagian ini sudah rusak, solusi yang paling jitu adalah membeli aki baru. Untuk aki basah, kami bisa mengganti cairan aki, lalu menyetrumnya kembali.

Suasana Cair Roger Danuarta dan Ayah Cut Meyriska di Meja Makan
Join Dream.co.id