3 Cara Bikin Bodi Motor Kusam Jadi Berkilap

Automotive | Kamis, 4 Juli 2019 06:36
3 Cara Bikin Bodi Motor Kusam Jadi Berkilap

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Motor yang kusam akan membuat pengendara kurang semangat.

Dream - Air hujan, sinar matahari, dan debu perlahan-lahan membuat body sepeda motor kusam. Sebagai pemilik, kamu tentu akan merasa kurang antusias untuk mengendarainya.

Untuk membuat body motor menjadi mengkilap biasanya kita langsung beprikir pergi ke bengkel salon. Namun membayangkan harganya yang sangat mahal, niat itu langsung diurungkan.

Daripada membiarkan motor kamu bertamah kusam, mengapa tak mencoba memolesnya sendiri di rumah. Dikutip dari Suzuki, Kamis 4 Juli 2019, ada tiga cara membuat bodi motor kembali mengilap.

Pertama, kamu bisa menggunakan kompon dan poles. Kalau tak mau keluar biaya, kamu bisa melakukan perawatan dengan kompon dan cairan poles yang bisa dibeli dengan mudah di swalayan.

Kompon yang bentuknya menyerupai gel bisa digunakan untuk menghilangan goresan halus. Tapi ingat, prosesnya tidak instan. Kamu harus menggosok bodi motor dengan kompon beberapa kali untuk bisa menghilangkan goresan halus tersebut.

Caranya, cukup oleskan kompon di bodi motor kemudian gosok dengan kain lembut dengan gerakan memutar. Satu hal yang perlu dicatat, jangan memakai kompon terlalu banyak supaya cat tidak terkelupas.

Setelah goresan halus hilang, gunakan gel atau cairan poles untuk mengembalikan kilap bodi motor. Supaya tidak tercampur oleh debu atau kotoran yang bisa menyebabkan goresan saat bodi digosok cairan poles, sebaiknya poles dipakai setelah motor dicuci.

2 dari 6 halaman

Kamu Bisa Pakai Jasa Detailing Motor

Kedua, memakai jasa detailing motor. Cara mengilapkan bodi motor ini membuatmu merogoh sejumlah uang. Workshop detailing akan membersihkan seluruh bagian motor, mulai dari bodi, blok mesin sampai kaki-kaki.

Mereka akan memakai cairan-cairan khusus yang bisa menghilangkan goresan dan membuat komponen motor kembali terlihat mengkilap atau kinclong.

Ketiga, mengecat ulang. Jika keadaan bodi motor sudah sangat parah, mengecat ulang atau membeli bodi baru, tentunya yang orisinal, adalah cara yang paling efektif untuk mengembalikan kilap bodi motor, walaupun memang cara yang satu ini memang membutuhkan biaya lebih mahal.

3 dari 6 halaman

Tips Mudah Merawat Motor Baru

Dream – Siapa yang tak senang mendapat sepeda motor baru? Apalagi jika roda dua itu baru pertama kali dimiliki. Pasti Sahabat Dream akan setiap hari mencuci motor itu meskipun sebetulnya tak terlalu kotor.

Sepeda motor memang telah menjadi salah satu transportasi paling banyak diminta di Indonesia, terutama kota-kota besar seperti Jakarta. Dengan ukurannya, sepeda motor menyelip di jalanan macet.

Namun setelah hitungan di atas tiga bulan, kebahagian pemilik motor baru biasanya mulai menghilang. Motor yang tadinya menkilap setiap hari mulai jarang dibersihkan. Yang lebih parah, motor mulai jarang dirawat.

Padahal meski masih gres dari pabrik, motor baru juga butuh perawatan agar tetap awet.

Dikutip dari Suzuki, Kamis 27 Juni 2019, ketika membeli sepeda motor, langkah paling penting dilakukan adalah perawatan berkala. Servis ini sangat penting untuk semua sepeda motor, baik yang lama maupun yang baru.

Sepeda motor yang sering digunakan akan membuat komponen di dalamnya mengalami beberapa perubahan, seperti masalah kampas rem menipis, masalah busi, saringan udara kotor, dan lain sebagainya. Saat perawatan berkala komponen-komponen tersebut akan dibersihkan.

Kalau memang sudah tidak bisa dipakai, ya, akan diganti.

4 dari 6 halaman

Servis Berkala di Bengkel Resmi

Dengan servis motor yang dilakukan secara berkala, kondisi kendaraan kamu bisa diketahui secara menyeluruh. Dengan mengetahui kendaraan dalam kondisi baik, perjalanan dengan motor akan menjadi lebih nyaman dan aman.

Disarankan kamu melakukan servis berkala sepeda motor baru di bengkel resmi. Bengkel ini akan memberikan kualitas yang maksimal dan pengerjaannya dilakukan oleh montir handal yang bersertifikat.

Kamu juga bisa mempertahankan masa berlaku garansi sesuai dengan panduan buku service.

Semoga tipsnya bermanfaat.

5 dari 6 halaman

Begini Sejarah Awal Terciptanya Ban Motor

Dream – Ban menjadi komponen yang sangat penting bagi semua kendaraan. Benda ini memudahkan kendaraan bergerak di jalan.

Setiap ban dibuat dengan bentuk berongga untuk menyimpan udara. Jika kempes, kendaraan akan susah digerakkan maupun dikendalikan.

Namun pernahkan kamu berpikir bagaimana sejarah sebuah ban tercipta?

Dikutip dari federaloil, Rabu 26 Juni 2019, bentuk ban yang ada hingga saat ini telah melewati banyak sekali perubahan. Cikal bakal ban, terutama ban motor, berawal dari ban sepeda.

Awalnya, bentuknya seperti ban dalam (tube) yang dipasang di pelek dengan pernis. Untuk sepeda yang lebih mewah digunakan ban dalam ganda, seperti ban tubetype yang ada saat ini.

Pengaturan seperti inilah yang kemudian diadaptasi ke ban motor. 

Charles Goodyear adalah orang pertama yang mengembangkan proses vulkanisir. Lewat proses ini, karet diolah jadi lebih keras dan kuat. Awalnya, carcas ban terbuat dari serat kapas yang dilapisi oleh karet lalu divulkanisir.

Tahun 1846, ban yang diisi udara pertama kali dipatenkan. Lalu pada 1888, ban tersebut mulai dikomersilkan.

Harganya jauh berbeda dengan sekarang. Bukan lebih murah namun dijual sangat mahal.

6 dari 6 halaman

Ban Motor Sebagai Barang Mahal

Dulunya, ban motor termasuk barang mahal. Pada 1920, harga satu buah ban motor sebesar US$28-US$30, setara Rp395.393-Rp423.636. 

Akhir abad ke-19, sebagian besar permukaan jalan masih kasar. Ban motor pun sering bocor. Lalu, muncul ide ban solid yang tidak berisi udara untuk mengatasi masalah ini.

Saat itu, motor tidak memiliki suspensi. Perjalanan dengan motor jadi tidak nyaman. Alhasil, ide itu disingkirkan.

Ban motor pertama juga belum ada kembangan atau pattern. Akibatnya, pengendara motor harus memasang baut besi di permukaan tapak ban saat musim dingin agar tidak tergelincir.

Baru pada masa Perang Dunia I, pabrikan ban bereksperimen dengan kembangan ban. Dari situlah diketahui perbedaan pola kembangan bisa mempengaruhi handling.

Sejumlah pabrikan ban pun bersaing meningkatkan kualitas produk mereka.

Nggak Ribet, Ini Cara Merawat Hijab Ala Prilia Nur Afrida
Join Dream.co.id