15 Kendaraan yang `Kebal` dari Tilang Ganjil Genap di Jakarta

Automotive | Kamis, 2 September 2021 17:33

Reporter : Arie Dwi Budiawati

Kelima belas kendaraan tersebut diberi kelonggaran melintas di kawasan ganjil genap selama PPKM karena tingkat kebutuhannya.

Dream – Pemberlakuan pembatasan kendaraan bermotor dengan sistem ganjil genap selama PPKM di Jakarta telah memasuki tahap pemberian tilang bagi para pelanggar. Tahap uji coba aturan baru ini sudah berlangsung selama satu bulan sejak Agustus 2021 lalu.

Terhitung sejak 1 September 2021, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Lapangan Presisi Polda Metro Jaya, dikutip dari laman resmi NTMC Polri menegaskan aparat kepolisian di lapangan bisa memberikan Tilang kepada para pelanggar.

Selama PPKM, sistem ganjil genap akan diberlakukan di tiga titik, yaitu Jalan Sudirman, Jalan M. H. Thamrin, dan Jalan Rasuna Said.

Sistem ganjil genap ini akan berlangsung mulai pukul 06.00 sampai dengan pukul 20.00.

Sambodo menerangkan, pemerintah memutuskan memperpanjang PPKM level 3 di DKI Jakarta dari 31 Agustus hingga 6 September 2021. Merujuk hal itu, pembatasan kendaraan dengan metode ganjil genap tetap berlaku di DKI Jakarta.

Merujuk pada Surat Keputusan (SK) Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Nomor 345 Tahun 2021 pemberlakuan ganjil genap ini berlaku di tiga ruas jalan utama yaitu Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Rasuna Said.

" Kebijakan masih sama berlaku dari pukul 06.00 WIB sampai 20.00 WIB," kata Sambodo.

Merujuk pada Undang-Undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UULAJ) No. 22 Tahun 2009, denda tilang yang dikenakan maksimal Rp500 ribu.

Selama masa pemberlakukan ganjil genap tersebut, Dishub DKI masih memberikan kelonggaran untuk belasan jenis kendaraan melintas di kawasan tersebut.

Mengutip Instagram @dkijakarta, berikut adalag 15 kendaraan yang bebas melintas di kawasan pemberlakukan sistem ganjil genap selama masa PPKM:

15 Kendaraan yang `Kebal` dari Tilang Ganjil Genap di Jakarta
Ilustrasi Ganjil Genap. (Foto: Shutterstock)
2 dari 5 halaman

Jenis Kendaraan yang Bebas Ganjil Genap

1. Kendaraan yang membawa masyarakat disabilitas

2. Sepeda motor

3. Ambulans

4. Angkutan umum (pelat kuning)

5. Kendaraan listrik

6. Kendaraan angkutan bahan bakar minyak dan bahan bakar gas

7. Kendaraan pimpinan lembaga negara: Presiden, Wakil Presiden, Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua MA/MK, Komisi Yudisial, dan BPK

3 dari 5 halaman

8. Kendaraan dinas TNI dan Polri

9. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing atau Lembaga Internasional yang menjadi tamu negara

10. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas

11. Kendaraan untuk kepentingan tertentu berdasarkan petimbangan Polri (misalnya pengangkut uang ATM)

12. Kendaraan petugas kesehatan penanganan COVID-19

13. Kendaraan mobilisasi pasien COVID-19

14. Kendaraan mobilisasi vaksin COVID-19

15. Kendaraan pengangkut tabung oksigen.

 Ganjil Genap PPKM© Instagram @dkijakarta

4 dari 5 halaman

Berlaku Hari Ini, Pelanggar Ganjil Genap Jakarta Ditilang Lewat ETLE & Manual

Dream - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menerapkan sanksi bagi pelanggaran sistem ganjil genap terhitung mulai hari ini (Rabu, 1 September 2021). Kebijakan ini dijalankan untuk mengurangi laju mobilitas masyarakat selama masa perpanjangan PPKM.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan sanksi diterapkan melalui ETLE dan tilang manual. Dua cara ini dipakai lantaran kamera ETLE belum terpasang di semua titik yang diberlakukan ganjil genap.

 

 Berlaku Hari Ini, Pelanggar Ganjil Genap Jakarta Ditilang Lewat ETLE & Manual© Dream

 

 

" Tindakan hukum yang kita lakukan ini tentu nanti akan dilakukan dengan dua cara yaitu dengan menggunakan ETLE dan dengan tilang secara manual," ujar Sambodo.

Di masa perpanjangan PPKM, ada tiga ruas jalan yang berlaku ganjil genap. Ketiganya yaitu Jalan Sudirman, Jalan MH Thamrin, dan Jalan Rasuna Said.

" ETLE kan tidak di semua tempat, misalkan di Jalan Rasuna Said ada beberapa titik, di Jalan Sudirman-Thamrin ada beberapa titik," kata dia.

 

5 dari 5 halaman

Ada Petugas Patroli

Selain itu, dia mengatakan menerjunkan personel patroli yang akan mengawasi kendaraan yang melintas. Sejumlah petugas juga disiagakan di beberapa titik kawasan ganjil genap.

" Kalau tertangkap sama anggota saya di tengah (jalan) maka itu akan dilakukan penindakan dengan tilang," kata Sambodo.'

Lebih lanjut, dia mengatakan nantinya personel Satlantas akan memantau kendaraan untuk memastikan ada tidaknya pelanggaran. Juga untuk menindak para pelanggar.

" Jadi nanti akan ada anggota saya yang akan melakukan patroli untuk melihat apakah ada pelanggaran termasuk juga apabila tertangkap tangan anggota-anggota yang berjaga di kawasan ganjil genap," ucap Sambodo, dikutip dari Liputan6.com.

Join Dream.co.id