Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Garis Aneh di Kaki Bisa Bergerak-gerak, Ternyata...

Garis Aneh di Kaki Bisa Bergerak-gerak, Ternyata... Cacing Tambang Hidup Di Kulit (The New England Journl Of Medicine)

Dream - Berhati-hatilah apabila Anda berjalan di tempat-tempat kotor. Selalu pakai alas kaki, supaya tidak ada penyakit atau hewan yang masuk ke dalam tubuh, melalui kaki Anda.

Simak pengalaman mengerikan warga Tiongkok ini. Di kaki pria berusia 42 tahun ini dijadikan sarang oleh makhluk hidup. Yang lebih mengerikan lagi, saban hari makhluk itu berjalan-jalan di bawah kulit pria ini.

Pria itu sadar ada yang aneh di kaki kanannya setelah pulang berlibur dari Nigeria. Ada semacam garis meliuk-liuk pada kulitnya. Dan setiap hari, semakin panjang.

Merasa ada yang aneh, pria itu mendatangi dokter di Peking Union Medical College di Beijing. Dia ingin memeriksakan keanehan di kaki yang telah terlihat sebulan terakhir.

Betapa terkejutnya pria itu setelah tahu apa yang terjadi di kaki kanannya. Dokter menyatakan bahwa yang hidup dan bergerak di bawah kulit di kaki kanan itu adalah cacing tambang.

Cacing itu diduga kuat masuk ke dalam kaki saat pria yang tak disebutkan namanya itu berlibur ke Nigeria. Sebab, saat di negara Afrika itu, dia kontak dengan kotoran hewan. Dari kotoran itulah cacing itu diduga berasal.

Cacing tambang umumnya hidup di usus hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing. Telur-telur cacing ini biasanya keluar melalui kotoran hewan, dan biasanya dibuang oleh hewan-hewan pembawanya di daerah pantai berpasir atau di sekitar rumah.

Parasit ini hidup di lapisan epidermis, tak bisa masuk ke dalam tubuh yang lebih dalam lagi karena kekurangan kolagenase yang diperlukan untuk menerobos membran basal.

Jika sudah masuk ke kulit seperti itu, maka seseorang akan merasakan gatal luar biasa. Dokter kemudian memberinya albendazole dan setelah dua minggu, cacing itu hilang. (Ism, Sumber: The New England Journl of Medicine)

Gatal Tak Tertahan, Ternyata Tubuh Pria Ini Dipenuhi Belatung

Dream - Kejadian mengerikan dialami oleh pria asal Guangzhou, China. Pria bermarga Ma itu awalnya mengeluh gatal tak tertahankan pada bagian perut dan paha kanannya. Bagian kulit pun terlihat bercak-bercak merah.

Menurut laman Asia One, Rabu 5 November 2014, Ma menghabiskan waktu enam bulan di Afrika. Dia sudah mendatangi dokter lokal di Afrika, tapi rasa gatal tetap saja mengusik, bahkan semakin menjadi.

Akhirnya Ma memutuskan pulang ke China dua pekan silam. Dia segera pergi ke Rumah Sakit Shenzhen Nanshan untu memeriksakan bagian tubuhnya yang digerayangi rasa gatal tak tertahankan itu.

Hasil pemeriksaan dokter kulit sungguh mengejutkan. Dokter menemukan kulit Ma bernanah. Setelah diperiksa, dokter mendiagnosa ada belatung di bawah jaringan kulit Ma.

Diagnosa ini diperkuat dengan hasil pemeriksaan darah Ma. Dokter menemukan sel darah putih Ma meningkat dengan signifikan. Sel darah putih memang berfungsi melawan infeksi dan parasit.

Ma akhirnya disarankan menjalani bedah minor. Dokter pun akhirnya berhasil mengangkat 20 belatung hidup dan juga menggeliat-geliat dari bawah jaringan kulit Ma.

Dokter mengidentifikasi belatung itu sebagai belatung tumba terbang, tipe lalat hijau yang larvanya dikenal memakan jaringan hidup pada manusia. Kawasan Afrika memang rawan penyakit semacam ini.

Namun tak dijelaskan bagaimana proses masuknya larva itu ke dalam tubuh Ma. Selama ini, wisatawan ke Afrika memang disarankan melakukan tindakan pencegahan terhadap serangga.

Sejumlah penyakit aneh yang disebabkan oleh masuknya binatang ke dalam tubuh juga terjadi di tempat lain. Berikut beberapa kasus masuknya binatang ke dalam tubuh manusia.

Karena Lensa Kontak, Mata Gadis Cantik Ini Digerogoti Parasit

Dream - Bagi Anda yang memakai lensa kontak, berhati-hatilah. Pastikan kebersihan lensa kontak Anda. Sehingga tidak menjadi alat penyebar penyakit bagi mata. Jika tidak, bisa jadi lensa kontak itu menjadi sarana penyebaran parasit yang merusak mata Anda.

Belajarlah dari kasus Jess Greaney ini. Mahasiswi cantik asal Birmingham, Inggris ini hampir saja kehilangan penglihatan karena bola matanya digerogoti parasit. Dan parasit itu diduga menyebar akibat lensa kontak yang terkontaminasi.

Menurut laman Mirror.co.uk, Selasa 19 Mei 2015, semula Greaney mengira mata kirinya mengalami sakit biasa. Namun lama kelamaan, sakit yang dia rasakan semakin luar biasa. Dia bahkan tak bisa memejamkan mata selama empat hari berturut-turut. Matanya menjadi merah.

Akhirnya Greaney memeriksakan matanya ke rumah sakit. Setelah diperiksa akhirnya diketahui bahwa terdapat parasit Acanthamoeba Keratitis di dalam matanya. Yang lebih mengerikan, parasit itu memakan konea matanya. Matanya terancam buta.

"Beberapa hari pertama terasa berat, mereka [parasit] membuat saya terjaga siang dan malam selama empat hari," tutur Greaney.

Greaney kemudian menjalani perawatan intensif. "Staf rumah sakit memberi tahu saya betapa serius masalah ini. Saya sangat sedih. Parasit itu berada di kornea saya, memakannya," tambah dia.

Pada hari ke empat di rumah sakit, Greaney menangis setiap lima menit sekali, sebab parasit memakan kornea matanya. Sudah begitu kondisinya semakin menurun karena tak bisa tidur selama berhari-hari.

Dokter kemudian membedah mata mahasiswa Nottingham University ini. Setelah seminggu dirawat, dokter mengizinkannya pulang untuk melakukan perawatan di rumah dengan memberikan tetes mata 41 kali dalam sehari.

Saat ini, Greaney masih harus memberikan tetes mata 22 kali dalam sehari. Dia juga harus kontrol ke rumah sakit setiap dua minggu sekali. "Masih ada parasit di dalam mata saya. Sangat sulit memastikan berapa lama lagi untuk menyembuhkan ini," ujar Greaney.

Menurut dia, bencana yang terjadi pada matanya itu bermula dari penggunaan lensa kontak yang terkontaminasi. "Jika air mengontaminasi lensa, ini bisa menyebabkan infeksi. Parasit hidup di antara lensa dan mata, kemudian parasit menggerogoti kornea, melalui mata dan kemudian ke sumsum tulang belakang," kata Greaney.

Dengan kejadian ini, Greaney mengatakan sangat penting untuk menjaga kebersihan lensa kontak. Sebab, sakit mengerikan yang tengah dialami Greaney ini bermula dari kecerobohannya meletakkan lensa kontak di dekat wastafel kampusnya.

"Jika begitu banyak tetesan air mengenai lensa, bisa menjadi masalah. Saya mengalami infeksi ini hanya dengan meninggalkan lensa kontak saya dekat wastafel," ujar Greaney.

Tubuh Pengemar Sashimi di China Digerogoti Cacing Pita

Dream - Hendaknya kita berhati-hati dalam mengonsumsi makanan mentah. Terutama daging dan ikan. Sebab, bisa jadi ikan atau daging yang tidak dimasak itu bisa mendatangkan penyakit bagi tubuh kita. Seperti yang dialami oleh seorang pria di China yang sangat suka dan sering menyantap sashimi -makanan yang terbuat dari ikan mentah.

Laman Daily Mail, Rabu 24 September 2014, melaporkan pria yang tidak disebutkan namanya ini mulanya mengeluh sakit perut. Kulit di sekujur tubuhnya gatal-gatal. Kemudian dia mendatangi dokter di Rumah Sakit Umum No 8 Guangzhou di Provinsi Guangdong, China.

Dokter pun melakukan pemindaian. Dan betapa terkejutnya para dokter dan si pasien. Hasil pemindaian menunjukkan tubuh pria ini telah digerogoti cacing pita. Cacing-cacing pita itu telah menyebar ke sekujur tubuh pria itu.

Dari penelusuran medis, dokter menyimpulkan bahwa cacing-cacing yang tumbuh subur di dalam tubuh itu berasal dari ikan mentah, yang dikonsumsi oleh pria pecinta sashimi ini. Para dokter yakin ikan mentah dari sashimi itulah yang membawa cacing-cacing pita itu ke dalam tubuh pria ini.

Penelitian menunjukkan bahwa daging maupun ikan mentah yang dikonsumsi bisa saja mengandung banyak parasit, termasuk cacing pita. Infeksi cacing pita bisa terjadi jika seseorang menelan larva Diphyllobothrium. Larva yang ditemukan pada ikan air tawar seperti salmon. Meskipun ikan itu sudah diasinkan atau sudah diasap.

Melambungnya popularitas sushi dan sashimi ini juga mendorong sejumlah dokter menulis tentang dampak mengonsumsi daging dan ikan mentah. Salah satunya adalah Nancy Craig yang menulis soal ini di Canadian Family Physician.

"Penyebaran popularitas sushi dan sashimi Jepang berkontribusi. Tapi hidangan populer lainnya mungkin juga terlibat, seperti fillet yang diasinkan -yang berasal dari Baltik dan negara-negara Skandinavia, carpaccio -ikan yang diiris tipis dari Italia, serta salmon mentah," tulis Nancy.

Sementara, dokter Yin yang bertugas di Rumah Sakit Umum Guangzhou No 8 mengatakan, mengonsumsi makanan yang terkontaminasi telur cacing pita menyebabkancysticercosis. Ketika cacing yang sudah berkembang besar masuk ke aliran darah manusia. Infeksi semacam ini akan mengancam hidup manusia jika cacing-cacing itu sampai ke otak. (Ism)

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Kaki Kiri Kerap Timbul Rasa Sakit? Mungkin Ini Penyebabnya

Ternyata kaki sakit sebelah kiri bisa disebabkan banyak faktor. Sebelum mengetahui cara mengatasinya, Yuk penyebabnya terlebih dahulu.

Baca Selengkapnya
Kaki Terus Menerus Gatal Saat Hamil, Normalkah?

Kaki Terus Menerus Gatal Saat Hamil, Normalkah?

Ada ibu hamil yang mungkin tak mengalammi mual atau sakit kepala, tapi ia malah terserang gatal di kaki.

Baca Selengkapnya
Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Awal Tahun Jangan Mager, Biar Tak Sakit Punggung dan Gula Darah Aman

Malas olahraga bisa bikin kamu mengalami berbagai masalah kesehatan yang berbahaya, lho. Apa aja sih masalah yang bisa timbul?

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Jangan Sepelekan Kaki Terasa Dingin, Bisa jadi Tanda Penyakit Berbahaya

Jangan Sepelekan Kaki Terasa Dingin, Bisa jadi Tanda Penyakit Berbahaya

Tubuh yang terasa dingin sering disepelekan. Padahal, hal itu bisa disebabkan oleh kondisi kesehatan serius yang perlu dikontrol secara intens.

Baca Selengkapnya
Kulit Kemerahan Akibat Jerawat?  Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kulit Kemerahan Akibat Jerawat? Coba 6 Cara untuk Meredakannya

Kemerahan atau peradangan akibat jerawat dapat dihilangkan dengan melakukan perawatan kulit tertentu.

Baca Selengkapnya
Anak Demam Ternyata Tak Boleh Asal Dikerok, Kulitnya Bisa Iritasi

Anak Demam Ternyata Tak Boleh Asal Dikerok, Kulitnya Bisa Iritasi

Banyak orangtua yang suka mengerok buah hatinya, dengan harapan gejala demam segera mereda. Ternyata bisa berbahaya.

Baca Selengkapnya
Sakit Kepala Sering Datang Saat Puasa Selepas Siang Hari? Pijat dengan 3 Gerakan Ini

Sakit Kepala Sering Datang Saat Puasa Selepas Siang Hari? Pijat dengan 3 Gerakan Ini

Meredakan sakit kepala saat berpuasa bisa dihilangkan dengan beberapa gaya pijatan. Kamu pun bisa melakukannya sendiri dengan mudah.

Baca Selengkapnya
NOTED KAK! Ekspektasi X Realita Karyawan Saat Weekend

NOTED KAK! Ekspektasi X Realita Karyawan Saat Weekend

Sahabat Sream suka gak sih ketika ekspetasi mau leyeh-leyeh tapi diminta bantuan pekerjaan. Kalau perasaan kalian bagaimana?

Baca Selengkapnya