Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Padang Arafah, Tempat Berkumpulnya Jemaah Haji Seluruh Dunia

Padang Arafah, Tempat Berkumpulnya Jemaah Haji Seluruh Dunia Arafah (Sumber: Www.konsultasisyariah.com)

Dream - Hari Idul Adha 1436 H sudah di depan mata. Umat muslim di seluruh dunia telah siap menyambut dengan berbagai bentuk persiapan. Pemerintah Arab Saudi dan Indonesia sendiri telah menetapkan Idul Adha jatuh pada Kamis, 24 September 2015.

Dengan demikian, saudara-saudara muslim kita yang tengah menunaikan ibadah haji di Tanah Suci akan melaksanakan wukuf di Arafah pada Rabu, 23 September 2015.

Wukuf merupakan puncak ibadah haji yang harus dilaksanakan di Padang Arafah pada tanggal 9 Dzulhijah. Pada saat wukuf, seluruh jemaah haji akan beribadah, salat, zikir, dan berdoa.

Tiap jemaah umumnya akan melakukan renungan, instrospeksi, menimbang atau menghisab sendiri seberapa banyak kebaikan dan berapa pula dosa yang telah dilakukan selama ini.

Ketika berada di Padang Arafah seluruh jemaah akan meminta ampun dan memanjatkan doa sebanyak-banyaknya, karena doa orang yang sedang berwukuf di tempat ini dijamin akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Bukan sembarang tempat, Padang Arafah memang begitu istimewa. Bahkan Rasulullah SAW pernah menyebutkan tempat ini dalam sabdanya, "Haji itu hadir di Arafah. Barang siapa yang datang pada malam tanggal 10 Dzulhijah sebelum terbit fajar, sesungguhnya ia masih mendapatkan haji" (HR 5 orang ahli hadits).

Nama Arafah diambil dari kata 'arafa ya'rifu yang berarti 'mengenal atau mengetahui'. Dinamakan demikian karena di tempat itulah manusia dari berbagai belahan dunia berkumpul dan saling mengenal satu sama lain.

Ada yang meriwayatkan bahwa Malaikat Jibril pernah datang kepada Nabi Ibrahim AS untuk menunjukkan Padang Arafah kepadanya. Adapula riwayat lain yang menyebutkan bahwa Nabi Adam AS dan Hawa dikenalkan dan dipertemukan kembali di tempat ini setelah penurunan mereka dari surga dan berpisah selama 200 tahun.

Keistimewaan Arafah tak hanya sampai di situ, nama tempat ini juga termaktub dalam Al-Quran surat Al-Baqarah ayat 198. "Maka apabila kamu telah bertolak dari Arafah, berzikirlah kepada Allah di Masy'arilharam."

Arafah sendiri terletak cukup jauh dari Kota Mekah, yakni berjarak sekitar 25 km. Tempat ini merupakan padang pasir luas yang bagian belakangnya dikelilingi bukit-bukit batu. Kini, Arafah tampak makin subur ditumbuhi pepohonan.

Dahulu di tempat ini Nabi Muhammad SAW melakukan wukuf layaknya yang dilakukan para jemaah haji sekarang. Di Arafah Nabi pernah bersabda, "Aku wukuf di sini dan Arafah seluruhnya tempat untuk melaksanakan wukuf".

Arafah merupakan masy'aril haram atau tempat syiar suci, tetapi tempat ini tidak termasuk Tanah Haram atau Tanah Suci seperti Mekah. Di Arafah terdapat sebuah lembah yang disebut Lembah Uranah. Lembah Uranah menjadi batas antara Arafah dengan luar Arafah.

Rasulullah SAW pernah berkhutbah di Padang Arafah ketika melakukan Haji Wada. Diriwayatkan, Nabi berkhutbah di hadapan begitu banyak orang yang sedang melakukan haji bersama beliau. Khutbah ini sangat populer di kalangan muslim dan dikenal dengan nama Khutbatul Wada.

Konon, banyak yang meyakini Arafah merupakan gambaran Padang Mahsyar, tempat di mana nantinya semua makhluk dikumpulkan sebelum akhirnya melangkah ke surga atau neraka.

(Berbagai sumber)

 

 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Anjuran Membaca Surat Al-Kahfi Setiap Hari Jumat, Ternyata Ini Fadilahnya yang Luar Biasa, Sayang jika Dilewatkan

Anjuran Membaca Surat Al-Kahfi Setiap Hari Jumat, Ternyata Ini Fadilahnya yang Luar Biasa, Sayang jika Dilewatkan

Surat Al-Kahfi sendiri adalah surat ke-18 dengan 110 ayat yang di dalamnya menceritakan beberapa kisah penuh akan hikmah.

Baca Selengkapnya
Kabah Ditutup Pagar dan Tak Bisa Disentuh Jemaah untuk Sementara

Kabah Ditutup Pagar dan Tak Bisa Disentuh Jemaah untuk Sementara

Pihak berwenang belum memberikan waktu dan tanggal pasti kapan pemeliharaan selesai.

Baca Selengkapnya
Jemaah Indonesia Tak Lagi Ditempatkan di Mina Jadid saat Puncak Haji 2024

Jemaah Indonesia Tak Lagi Ditempatkan di Mina Jadid saat Puncak Haji 2024

Pemerintah telah menemukan lokasi pengganti yaitu di sekitar tenda jemaah haji Asia Tenggara.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
NOTED KAK! Ketika Lagi Sibuk Kerja Malah Diganggu

NOTED KAK! Ketika Lagi Sibuk Kerja Malah Diganggu

Sahabat Dream, Kalian suka sebal gak diganggu rekan kerja padahal lagi sibuk-sibuknya? Kalau kalian di posisi itu mau bereaksi apa?

Baca Selengkapnya