Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Berat Badan Berlebih Picu Risiko Sulit Hamil

Berat Badan Berlebih Picu Risiko Sulit Hamil (Foto: Ghaida.blogspot)

Dream - Berat badan yang berlebih dapat membuat seorang wanita mengalami kesulitan memiliki keturunan.

Hal ini dibenarkan Spesialis Kebidanan dan Kandungan Konsultan Subspesialis Fertility dan Hormon Reproduksi Ahli Bedah Laparoskopi, Kiel, Jerman, Caroline Tirtajasa. Menurut dia, lemak yang berlebih menjadi salah satu faktor kesulitan hamil.

"Kalau badan memiliki berat yang berlebihan, lemak yang ada di dalam badan itu yang bisa membuat seorang wanita sulit hamil," kata Caroline, Rabu 6 Mei 2015. 

Penyebabnya, kata dia, lemak menghasilkan hormon leptin yang membuat seseorang terus memiliki keinginan makan.

"Hormon itu yang membuat terus saja ingin makan. Nah bila hal ini terjadi maka dikhawatirkan ada resistensi leptin," katanya. 

Resistensi leptin sendiri merupakan kondisi yang dapat bertentangan dengan hormon reproduksi, sehingga seseorang dapat memiliki masalah kesulitan hamil.

"Semakin gemuk dan lemak bertumpuk maka akan terjadi resistensi leptin. Hormon tersebut bertentangan dengan hormon reproduksi sehingga wanita sulit hamil," kata Caroline.

Menurut Caroline, sebaiknya para wanita yang mengalami obesitas atau memiliki berat badan berlebih untuk hamil sebaiknya menurunkan berat badan. 

"Dicoba dulu turunkan berat badan setidaknya 10 persen dari berat badan, setelah itu baru program kehamilan. Tidak ada salahnya memulai hidup sehat dari sekarang," katanya. (Ism)

Jangan Sembelih Hewan Saat Istri Sedang Hamil

Jangan Sembelih Hewan Saat Istri Sedang Hamil

Dream - Sebagian dari kita mungkin pernah mendengar larangan "Jangan Menyembelih Hewan Saat Istri Sedang Hamil". Bahkan saat istri tengah hamil ada yang melarang menyakiti hingga membunuh hewan. Sebab ada kekhawatiran kelak anaknya memiliki perangai yang tidak baik.

Selain itu lahir bisa dalam keadaan tidak sempurna, Naudzu billahi min dzalik. Lantas bagaimana penjelasan mengenai hal tersebut dalam syariat Islam. Terlebih jika menyembelih hewan yang boleh untuk dimakan, seperti sapi, ayam, dan kambing?

Lembaga Bahtsul Masail Nahdlatul Ulama (NU) memberikan penjelasan terkait persoalan itu. Seperti apa? Simak di sini. 

Dampak Baik Bercinta Saat Hamil

Dampak Baik Bercinta Saat Hamil

Dream - Memuaskan hasrat bercinta saat hamil ternyata memiliki dampak baik untuk sang ibu dan calon bayi. Bercinta ternyata dapat membantu meredakan beberapa masalah seperti mual atau suasana hati yang tidak menentu.

Selain itu bercinta juga dapat mempererat hubungan antara ayah, ibu dan anak. Berikut ini beberapa manfaat yang diperoleh dari bercinta saat hamil seperti dikutip Idiva:

Selengkapnya.. Dampak Bercinta pada Ibu Hamil. (Ism) 

Ini Pandangan Islam tentang Menikahi Wanita Hamil

Ini Pandangan Islam tentang Menikahi Wanita Hamil

Dream - Dua dekade silam istilah Married by Accident (MBA) atau menikah karena hamil duluan akan mendapat sanksi sosial yang berat dari masyarakat. Akan tetapi beberapa waktu berselang hal ini terkesan biasa padahal sangat bertentangan dengan ajaran agama. Tindakan amoral yang terjadi ini biasanya akan hilang begitu saja jika sudah terjadi pernikahan. Ini artinya seoarang pria menikahi wanita dalam kondisi sedang hamil.

Lantas bagaimana sebenarnya pandangan Islam terhadap hukum pernikahan yang dilakukan saat wanita dalam kondisi hamil? Apa yang harus dilakukan jika sudah terlanjur menikahi wanita hamil, apakah harus cerai dulu dan kemudian menikah lagi setelah melahirkan?

Wanita yang dinikahi dalam keadaan hamil ada dua macam. Pertama adalah wanita yang diceraikan oleh suaminya dalam keadaan hamil dan wanita yang hamil karena melakukan zina sebagaimana yang banyak terjadi di zaman ini Wal ‘iyadzu billah.

Selengkapnya... Pandangan Islam Nikahi Wanita Hamil. (Ism) 

 

Makanan Ini Membuat Perempuan Cepat Hamil

Makanan Ini Membuat Perempuan Cepat Hamil

Dream - Untuk pasangan yang baru menikah dan ingin memiliki anak, coba perhatikan makanan yang dikonsumsi. Menurut penelitian yang dilansir Health, Senin 16 Maret 2015, ada hubungan antara makanan yang dikonsumsi dengan kesuburan wanita.

Berikut ini makanan yang mempengaruhi kesuburan wanita;

1. Kurangi Konsumsi Minyak Zaitun

Menurut studi konsumsi makanan dengan kandungan lemak tak jenuh sekitar 25 persen dari kalori harian membuat wanita membutuhkan bantuan teknologi reproduksi berbantu. Untuk itu sebaiknya mulailah menguranginya guna menjaga kesuburan wanita.

2. Konsumsi Protein Nabati

Penelitian Harvard 2008 mengatakan, wanita dengan asupan protein hewani tinggi menyebabkan kemungkinan 39 persen menurunnya tingkat kesuburan wanita.

Solusinya menurut penelitian tersebut, mulailah mengubah asupan protein hewani dengan nabati seperti kacang kedelai atau olahan kacang kedelai.

3. Konsumsi Beras Merah

Menurut penelitian Harvard 2009, wanita yang mengonsumsi nasi putih, kentang atau sereal saat sarapan meningkatkan risiko infertilitas (ketidaksuburan).

Untuk itu sebaiknya mulailah menggantinya dengan beras merah, pasta atau roti gandum.

4. Es Krim

Wanita yang mengonsumsi satu porsi susu setiap harinya membantu mengurangi 50 persen risiko infertilitas. Penelitian tersebut dilakukan Universitas Harvard pada 2007.

Namun menurut para peneliti sebaiknya batasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans, cukup satu porsi es krim atau olahan susu saja. 

Ibu Hamil, Hindari Daftar Makanan Ini

Ibu Hamil, Hindari Daftar Makanan Ini

Dream - Mengandung jabang bayi merupakan salah satu pengalaman membahagiakan bagi setiap calon ibu. Seiring dengan perubahan bentuk fisik, gaya hidup wanita juga akan mengalami perubahan.

Saat hamil, ada sejumlah makanan atau minuman yang tidak dikonsumsi oleh seorang calon ibu. Hal ini bukan hanya untuk kebaikan sang ibu, tetapi juga demi perkembangan janin. berikut beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil :

Daging Mentah
Bagi anda penggemar steak, makanan Korea atau makanan Jepang sebaiknya tahan sejenak keinginan memakan daging mentah. Daging mentah membawa virus salmonella, E.coli, dan bakteri toksoplasmosis yang dapat memicu rasa mual dan diare.

Yang lebih membahayakan seorang ibu hamil yang mengkonsumsi daging mentah dapat berujung keguguran hingga kelahiran prematur. Untuk menghindari kejadian ini, sebaiknya masak dahulu daging hingga matang sekitar atau mengurangi asupanan makanan yang tidak dimasak.

Kurangi Kafein
Meski hingga kini belum ada penelitian yang membuktikan kafein berbahaya bagi perkembangan janin. Ada baiknya anda mengurangi konsumsi minuman atau makanan mengandung kafein. Tapi sangat dianjurkan agar jumlahnya dikurangi hingga tidak membawa pengaruh yang tidak diinginkan nantinya.

Selengkapnya... Ibu Hamil, Hindari Makanan Ini! (Ism) 

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Penyuka Pedas, Dokter Ingatkan Risiko Luka di Lambung

Penyuka Pedas, Dokter Ingatkan Risiko Luka di Lambung

Makanan pedas bisa sangat berbahaya untuk kesehatan pencernaan jika konsumsinya tidak dikontrol. Dampak buruknya tidak hanya pada lambung saja.

Baca Selengkapnya
Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Rekomendasi Peci Lebaran Berdasarkan Jenisnya, Saatnya Tampil Ganteng Maksimal

Berikut adalah beberapa rekomendasi peci Lebaran berdasarkan jenisnya yang bikin tampil ganteng maksimal. Yuk ikuti!

Baca Selengkapnya
Badan Tak Gemuk Meski Makan Banyak, Bisa Jadi Ada Masalah Kesehatan

Badan Tak Gemuk Meski Makan Banyak, Bisa Jadi Ada Masalah Kesehatan

Ada beberapa alasan seseorang sulit gemuk meski sudah makan banyak. Penyebabnya pun tidak hanya faktor genetik.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
Risiko Sedot Lemak yang Dilakukan Mendiang Nanie Darham, Bikin Langsing tapi Bisa Fatal

Risiko Sedot Lemak yang Dilakukan Mendiang Nanie Darham, Bikin Langsing tapi Bisa Fatal

Konsultasikan kembali dengan dokter apakah perlu melakukan sedot lemak?

Baca Selengkapnya
Lebih Sehat Cokelat Hitam atau Cokelat Putih? Cari Tahu Faktanya

Lebih Sehat Cokelat Hitam atau Cokelat Putih? Cari Tahu Faktanya

Cokelat putih sering dijadikan bahan dalam berbagai hidangan pencuci mulut, mulai dari kue hingga es krim.

Baca Selengkapnya
Berat Badan Tidak Mengalami Penurunan Setelah Diet Ketat? Inilah Faktor Penyebabnya

Berat Badan Tidak Mengalami Penurunan Setelah Diet Ketat? Inilah Faktor Penyebabnya

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kegagalan dalam penurunan berat badan setelah melakukan diet.

Baca Selengkapnya
Jangan Sepelekan Telat Makan, Banyak Dampak Buruknya

Jangan Sepelekan Telat Makan, Banyak Dampak Buruknya

Kebiasaan telat makan ini dapat berdampak negatif pada kesehatan tubuh. Intip beberapa dampak buruknya.

Baca Selengkapnya
Konsumsi Telur Bisa Bantu Jaga Berat Badan, Coba Yuk!

Konsumsi Telur Bisa Bantu Jaga Berat Badan, Coba Yuk!

Namun, perlu diingat bahwa konsumsi telur harus seimbang dan sesuai dengan kebutuhan individu.

Baca Selengkapnya