Better experience in portrait mode.
Iklan - Geser ke atas untuk melanjutkan

Pengusaha Muda Usul Bisnis Batik Bebas Pajak PPN

Pengusaha Muda Usul Bisnis Batik Bebas Pajak PPN

Dream - Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) mengusulkan pada pemerintah untuk memberikan insentif penghapusan pajak Pajak Pertambahan Nilai (PPN) untuk produk batik dan kerajinan.

Kalangan eksekutif muda ini meminta pemerintah memperhatikan sektor riil dan Usaha Kecil Menengah (UKM) yang telah terbukti memiliki daya tahan, dibandingkan sektor finansial, serta membantu perekonomian Indonesia melewati masa krisis.

“Kita ambil contoh batik,  persaingan dengan produk Cina dan bayangan MEA harus dihadapi dan dipersiapkan,” ujar Ketua Badan Pengurus Pusat HIPMI Bidang Organisasi Anggawira dalam keterangan persnya, Rabu, 18 November 2015.

“Nah, salah satu persiapannya adalah dengan kompetitifnya harga batik sehingga masyarakat lebih memilih produk lokal dengn penerapan PPN harga akan lebih tinggi untuk itu diperlukan terobosan sehingga dapat bersaing dengan produk luar yang susah mulai membanjiri pasar,” tambahnya.

Angga khawatir, jika produk padat karya ini masih dikenakan PPN, dampaknya akan membuat harga yang diberikan produsen menjadi tinggi sehingga memberatkan konsumen. Lebih jauh, produk kerajinan tanah air akan kurang kompetitif dibandingkan negara jiran.

“Kalau konsumen harus membayar pajak lagi kan sudah memberatkan ini, di sisi lain produk sejenis dari negara tetangga harganya bisa jauh lebih murah karena di negara asal pemeirintahnya memberikan berbagai insentif baik kredit ekspor, bunga murah bahkan insentif pajak, ini yang seharusnya menjadi contoh untuk Indonesia,” paparnya.

Sebelum keseluruhan UKM, lanjut Angga, untuk tahap pertama insentif pajak bisa diberikan pada pada produsen batik. Alasannya, batik yang merupakan kerajinan khas Indonesia, kini keasliannya mulai terancam dengan banyaknya produk tekstil bermotif batik asal negara lain.

“Batik adalah budaya bangsa, perkembangannya sangat di butuhkan demi kelestarian batik. Penghapusan PPN pada karya batik sangat krusial ini demi mencegahnya kepunahan pengrajin batik, Kalau pengrajin lesu karena PPN ini kan bisa gawat budaya kita” pungkasnya.

ATAU
Geser ke atas Berita Selanjutnya

Cobain For You Page (FYP) Yang kamu suka ada di sini,
lihat isinya

Buka FYP
Asosiasi Pengusaha Tak Setuju Kerja 4 Hari Seminggu:

Asosiasi Pengusaha Tak Setuju Kerja 4 Hari Seminggu: "Sulit Menyaingi Produktivitas Negara ASEAN"

Apindo menilai, sistem tersebut akan menurunkan produktivitas kerja.

Baca Selengkapnya
Atasi Kantuk dengan 6 Cara Ini, Dijamin Puasa Segar Seharian!

Atasi Kantuk dengan 6 Cara Ini, Dijamin Puasa Segar Seharian!

Rasa kantuk ini seringkali muncul sebagai tamu tak diundang yang mengganggu produktivitas dan semangat dalam menjalani hari.

Baca Selengkapnya
BPOM Temukan 86 Ribu Produk Pangan Bermasalah Senilai Rp1,6 Miliar

BPOM Temukan 86 Ribu Produk Pangan Bermasalah Senilai Rp1,6 Miliar

Tidak semua pangan olahan yang ada di pasaran terjamin keamanan konsumsinya. Produk pangan olahan yang terjual di beberapa daerah belum memenuhi ketentuan BPOM.

Baca Selengkapnya
Kamu sudah membaca beberapa halaman,Berikut rekomendasi
video untuk kamu.
SWIPE UP
Untuk melanjutkan membaca.
BUNGKUS! Game Pakai Wadah Bekas Minuman, Awas Bikin Geregetan

BUNGKUS! Game Pakai Wadah Bekas Minuman, Awas Bikin Geregetan

Lagi iseng karena tugas sudah selesai, daripada manyun coba ajak temen kamu main game ini. Awalnya sih biasa-biasa saja, tapi kok jadi penasaran

Baca Selengkapnya